Anteseden brand love dan pengaruhnya terhadap brand forgiveness
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh attitude towards behavior, subjective norms, anthropomorphism, dan affordability terhadap brand love. Juga untuk menganalisis pengaruh brand love terhadap brand forgiveness.Metode pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner/angket dengan teknik purposive sampling kepada 200 responden yang sedang menggunakan dan pernah menggunakan Merek Apple dengan rincian sebanyak 117 kuesioner disebar secara langsung (offline) dan 87 kuesioner melalui online. Alat analisis data yang digunakan untuk menguji validitas adalah confirmatory factor analysis, uji hipotesis adalah Structural Equation Model (SEM) dan uji reliabilitas adalah cronbach’s alpha.Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah attitude towards behavior berpengaruh positif terhadap brand love. Lalu subjective norms berpengaruh positif terhadap brand love. Anthropomorphism berpengaruh positif terhadap brand love.Sedangkan affordability berpengaruh negatif terhadap brand love. Brand Love berpengaruh positif terhadap brand forgiveness.Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti merek-merek lainnya tidak hanya dari industri teknologi tetapi juga dari industri lainnya, menambahkan jumlah responden dan menggunakan variabel lain seperti anticipated regret dan moral norm (Parker, 1995).
T he research objective is to analyze the influence of attitude towards behavior, subjective norms, anthropomorphism and affordability toward brand love. Also to analyze the influences of brand love toward brand forgiveness.The method used for collecting data is by distributing questionnaires to 200 respondents who use and used Apple products with details of 117 offline questionnaires and 87 online questionnaires. The validity test is conducted using confirmatory factor analysis, the hypotheses testing is conducted by using Structural Equation Model (SEM) analysis method, and the reliability test is conducted using cronbach’s alpha.The result shows that attitude towards behavior positively influence brand love. Subjective norms positively influence brand love. Anthropomorphism positively influence brand love. However, affordability negatively influence brand love. Brand love positively influence brand forgiveness.For future research is suggested to analyze other brands not only in technology industry but also another industries, add the number of respondents, and use other variables such as anticipated regret dan moral norm (Parker, 1995).