Hubungan antara riwayat pemberian ASI eksklusif dengan prestasi belajar pada murid Sekolah Dasar
A SI Eksklusif merupakan ASI yang diberikan kepada bayi sejak dilahirkan selamaenam bulan, tanpa menambahkan dan / atau mengganti dengan makanan atauminuman lain. ASI memiliki komponen penting dalam optimalisasi perkembanganotak. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan adalah pemenuhan nutrisisaat bayi terutama ASI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antarariwayat pemberian ASI Eksklusif dengan prestasi belajar pada murid sekolah dasar. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode simple random samplingberjumlah 120 responden terdiri dari kelas 1 dan 2 yang dilaksanakan di SekolahDasar Negeri Tunggilis, Cileungsi-Bogor. Penelitian menggunakan studi analitikobservasional dengan desain cross-sectional. Pengumpulan data menggunakankuesioner wawancara untuk riwayat pemberian ASI Eksklusif dan nilai rata-rataRapot untuk prestasi belajar. Data dianalisis menggunakan uji chi-square. Dari 120 responden, bahwa yang memiliki riwayat pemberian ASI Eksklusif 81%yang memiliki prestasi belajar tinggi dan 19% yang memiliki prestasi belajarrendah. Yang tidak memiliki riwayat pemberian ASI Eksklusif 75% yang memilikiprestasi belajar tinggi dan 25% yang memiliki prestasi belajar rendah. Hasil analisisantara riwayat pemberian ASI Eksklusif dan prestasi belajar berdasarkan uji Chisquaremenunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna (p = 0,462). Tidak ada hubungan yang bermakna antara riwayat pemberian ASI Eksklusif dengan prestasi belajar pada murid sekolah dasar.
E xclusive breastfeeding is breast milk given to babies from birth for six months, without adding and / or replacing with other foods or drinks. ASI has an important component in optimizing development. One of the factors that influence intelligence is the fulfillment of baby nutrition crisis especially breast milk. This study aims to determine the relationship between the history of exclusive breastfeeding and learning achievement in elementary school students. The study sample was selected using a simple random sampling method totaling 120 respondents consisting of grades 1 and 2 conducted at the School of the Tunggilis District Base, Cileungsi-Bogor. The study used observational analytic studies with a cross-sectional design. Data collection uses interview questionnaires for exclusive breastfeeding history and mean score for learning achievement. Data were analyzed using the chi-square test. Of the 120 respondents, that had a history of exclusive breastfeeding 81% had high academic achievement and 19% had low academic achievement. Those who do not have an exclusive ASI history of 75% who have high learning achievement and 25% who have low learning achievement. The results of the analysis between exclusive breastfeeding history and learning achievement based on the Chisquar test showed no significant association (p = 0.462). There was no significant relationship between the history of exclusive breastfeeding and learning achievement in elementary school students.