Hubungan antara tonsilitis kronik hipertrofi dan prestasi belajar pada siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kota Bekasi
P restasi belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang dengan beberapa faktor yang mempengaruhi. Diantaranya faktor fisiologis siswa dalam usaha mencapai prestasi belajar. Salah satu gangguan fisiologis antara lain adalah tonsillitis kronik hipertrofi. Tonsilitis merupakan salah satu penyakit ISPA yang banyak ditemukan di Indonesia. Untuk dapat memahami pengaruh tonsillitis kronik hipertrofi terhadap prestasi belajar, maka perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tonsillitis kronik hipertrofi dan prestasi belajar siswa pada anak usia 9-10 tahun. Penelitian ini menggunakan studi observasional dengan desain cross-sectional yang mengikutsertakan 100 murid kelas IV di dua Sekolah Dasar di Kota Bekasi. Data dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner yang meliputi penyakit penyerta, keluhan sakit tenggorok, keluhan tidur mendengkur, dan kegiatan les privat siswa. Kemudian dilakukan pemeriksaan THT serta pengukuran antropometri siswa. Analisis data dengan menggunakan metode chi-square menggunakan SPSS for Windows versi 17.0 dan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0,05. Analisis chi-square menunjukkan tonsillitis kronik hipertrofi berpengaruh buruk terhadap prestasi belajar siswa (RP = 3,68; p = 0,000). Tonsillitis kronik hipertrofi yang menyebabkan keluhan mendengkur pada waktu tidur juga memiliki pengaruh terhadap penurunan prestasi belajar siswa (RP = 2,85; p = 0,004). Tetapi pada siswa yang menderita tonsillitis kronik hipertrofi dan mengikuti les privat memiliki prestasi belajar yang lebih baik (RP = 0,44; p = 0,001). Penelitian ini menunjukkan prevalensi tonsilitis kronik hipertrofi pada siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Bekasi adalah 57%. Kemudian tonsilitis kronik hipertrofi berdampak menurunkan prestasi belajar siswa. Gangguan fisiologis dan keluhan mendengkur menjadi faktor yang berdampak pada penurunan prestasi belajar siswa. Namun dengan mengikuti les privat,dapat mencapai prestasi belajar yang lebih baik.
L earning achievement is testament to the success that has been achieved by someone with some factors that influence. Among the factors of physiology students in an attempt to reach the achievement of learning. One of the physiological disorders such as chronic tonsillitis hypertrophy. Tonsillitis is one of acute respiratory tract infection disease found in Indonesia. To be able understand the influence of chronic tonsillitis hypertrophy of the achievement of the study, the research needs to be done in order to find out the relationship between chronic tonsillitis hypertrophy and student learning achievement in children age 9-10 years. This research use the observational study design with cross sectional that include 100 students of fourth grade primary school in the town of Bekasi. Data were collected by means of interviews using questionnaires that include disease companion, complaints of throat pain, complaints of sleep snore, and the activities of private tutoring students. Then conducted an examination of ear, nose, and throat as well measurements of the anthropometry of the students. Data analysis using chi square method using SPSS for windows version 17.0 and the level of significance of 0,05 magnitude is used. Chi square analysis showed chronic tonsillitis hypertrophy effect badly against the achievement of student learning (RP = 3,68; p = 0,000). Chronic tonsillitis hypertrophy complaints which cause snoring at bedtime also have influence on the decline of student learning achievement (RP = 2,85; p = 0,004). But student who suffer from chronic tonsillitis hypertrophy and followed private lessons have better learning achievement (RP = 0,44; p = 0,001). This research suggests prevalention of chronic tonsillitis hypertrophy in 4th grade elementary school students at Bekasi are 57%. And then chronic tonsillitis hypertrophy impacted the decline of student learning achievement. Physiological disorder and complaints snoring becomes a factor which affects the decline of student learning achievement. But by following private lessons, students can achieve a better learning achievements