Perancangan buku interaktif untuk menumbuhkan minat baca anak usia 4-7 tahun. berjudul, “aku alphabetâ€
B uku “Aku Alphabet†merupakan buku interaktif untuk anak usia 4-7 tahun. Buku ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan minat baca anak usia 4-7 tahun. Dimana anak pada usia tersebut di era digital saat ini memiliki kecenderungan akan ketergantungan atau kecanduan terhadap gawai, yang menyebabkan mereka malas untuk membaca buku bahkan belajar.Metode analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah metode observasi, Langkah-langkah dalam melakukan observasi mulai dari dating ke beberapa sekolah dasar dan taman kanak-kanak. Disini penulis memperhatikan tindakan dan perilaku para anak dalam proses belajar mengajar, selain itu dilakukan juga wawancara sederhana dengan para anak-anak untuk mengetahui respon mereka akan buku “Aku Alphabetâ€. Selain itu dilakukan juga kuisioner kepada para orang tua dan guru untuk mengetahui respon merek akan buku “Aku Alphabetâ€. Lalu penulis juga melakukan studi pustakan untuk dapat menarik kesimpulandengan membandingkan hasil observasi dengan studi pustaka guna membantu dalam mengkonsep buku “Aku Alphabet.Berdasarkan proses yang telah dilakukan mulai dari wawancara kepada anak usia 4-7 tahun dan kuisioner yang dibagikan kepada para orang tua dan pengajar, maka data yang di dapat adalah positif. Dimana merek semu setuju akan adanya buku “Aku Alphabet†sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu orang tua dan para pengajar juga jadi mengetahui salah satu metode pembelajaran yang menyenangkan untuk anak-anak, yaitu lewat media interaktif dan salah satunya adalah buku “Aku Alphabetâ€.
T he book \"I Alphabet\" is an interactive book for children aged 4-7 years. This book has a goal to foster interest in reading children aged 4-7 years. Where children at that age in the current digital era have a tendency to be dependent or addicted to gadgets, causing them to become lazy to read books and even study.The analytical method used to process the data is the observation method. The steps in making observations begin with coming to several elementary schools and kindergartens. Here the author pays attention to the actions and behavior of children in the teaching and learning process, besides that, simple interviews are also conducted with children to find out their responses to the book \"I am the Alphabet\". In addition, a questionnaire was also conducted for parents and teachers to find out the brand\'s response to the book \"I am the Alphabet\". Then the writer also conducted a literature study to be able to draw conclusions by comparing the results of observations with the literature to assist in conceptualizing the book \"I am the Alphabet.Based on the process that has been carried out starting from interviewing children aged 4-7 years and distributing questionnaires to parents and teachers, positive data is obtained. Where pseudo-brands agree that there is a book \"I Am Alphabet\" as a fun learning medium. Besides that, parents and teachers also know one of the fun learning methods for children is through interactive media and one of them is the book \"I am the Alphabet\".