DETAIL KOLEKSI

Usulan peningkatan kepuasan pelanggan di PT. Nugraha Estetika Permai


Oleh : Grace Makadala

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2004

Pembimbing 1 : Dorina Hetharia

Subyek : Consumer satisfaction

Kata Kunci : customer satisfaction, PT. Nugraha Estetika Permai

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2004_TA_TI_06300282_Halaman-Judul.pdf
2. 2004_TA_TI_06300282_Bab-1.pdf
3. 2004_TA_TI_06300282_Bab-2.pdf
4. 2004_TA_TI_06300282_Bab-3.pdf
5. 2004_TA_TI_06300282_Bab-4.pdf
6. 2004_TA_TI_06300282_Bab-5.pdf
7. 2004_TA_TI_06300282_Daftar-Pustaka.pdf
8. 2004_TA_TI_06300282_Lampiran.pdf

P T. Nugraha Estetika Permai adalah perusahaan karoseri yang menerima permintaan pembuatan berbagai macam box dengan bahan dasar besi dan aluminium. Pengertian dari perusahaan karoseri adalah perusahaan yang memproduksi bodi pada kendaraan yang berbasiskan sasis. Sebagai perusahaan yang belum lama berdiri, PT Nugraha Estetika Permai ingin mengetahui apakah pelanggannya merasa puas terhadap produk dan pelayanan yang diberikannya. Untuk menjawab masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut apa yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan , mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan yang dirasakan konsumen terhadap perusahaan, dan mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas.Data awal untuk melakukan penelitian didapatkan dari perusahaan yangselanjutnya disusun dalarn bentuk kuesioner pendahuluan. Setelah didapatkan data dari kuesioner pendahuluan, disusunlah kuesioner penelitian . Hasil dari kuesioner penelitian inilah yang selanjutnya digunakan dalam pengolahan data Pada pengolahan data, digunakan metode analisis kuadran dan statistik deskriptif yang dilakukan dengan bantuan software SPSS ver 9.0. Dari pengolahan data, pada bagian loyalitas didapatkan hasil 67% pelanggan menjawab ya dan 33 % menjawab tidak.Dari hasil pengolahan data analisa kuadran terhadap tingkat kepentingan dan kepuasan dari atribut-atribut yang dipertimbangkan , diperoleh hasil bahwa atribut yang mendapat prioritas utama untuk diperbaiki menurut pelanggan secara keseluruhan adalah atribut karyawan menanggapi keluhan dengan cepat, karyawan memberikan informasi dengan jelas dan mudah dimengerti, jaminan bahwa produk yang dipesan selesai tepat ada waktunya, lamanya batas wak.'tu pembayaran , dan atribut harga produk yang kompetitif.Setelah didapatkan hasil dari pengolahan data, selanjutnya dilakukan analisa. Dari hasil analisa inilah kemudian diberikan usulan-usulan perbaikan terhadap atribut­ atribut yang relatif penting namun performansinya masih kurang memuaskan pelanggan . Usulan yang diberikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan berdasarkan atribut yang mendapat prioritas utarna untuk diperbaiki antara lain dengan mengadakan bagian khusus untuk menanggapi keluhan pelanggan, mengadakan pelatihan khususnya untuk bagian marketing dan pembuatan brosur, menentukan jadwal pemesanan bahan baku , memperpanjang batas waktu pembayaran untuk pelanggan dengan frekuensi pemesanan tertentu, dan mencari supplier bahan bak."U lain sebagai pembanding.

P T. Nugraha Estetika Permai is a body-builder company that received orders to produce steel and aluminum boxes . The definition of a body-builder company is a company that produces body on a chassis based vehicle. As a new company, PT. Nugraha Estetika Permai would like to know if their customers feel satisfied •with their product and services. A research has been done to know what variables affect customer satisfaction, to know the need and satisfaction of the customer and to know whether customer satisfaction affects customer loyalty.The first data to do the research was given by the company which then made into preliminary questionnaire. The result of the preliminary questionnaire is then compiled into research questionnaire . The result of the research questionnaire is used for the calculation. The quadran analysis and statistic descriptive method is used in the calculation that has been done with SPSS ver 9.0 software. From the result, we know that 67% of the customer is loyal and the rest is not.From the quadran analysis for the importance and satisfaction for the variablesthat considered by the customer, the result is the variables that should be put in the first priority to fix by the company are the responsiveness for customers complaint, to give an understandable information to the customer, a guarantee that the product will be finished on time, an extendable time for payment, and a competitive price for the product.Then, we analyze the result so that we can give the right suggestions to fix thementioned variables. The given suggestions based on the variables that need to be put in the company's first priority are to create a special division in the company to response to customer 's complaint, to train the employee especially for the marketing division and to make a brochure, to create a schedule for raw materials purchasing , extend the time for payment for customers with certain amount of purchasing, and to look for other raw material suppliers.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?