Pengaruh kegiatan kemahasiswan dan minat terhadap kinerja dan adaptabilitas karier mahasiswa ekstensi Jurusan Akuntansi Universitas Trisakti
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Aktivitas dan Minat Siswa terhadap Kinerja Karir dan Kemampuan Beradaptasi yang diukur dengan perhatian, kontrol diri, rasa ingin tahu, dan kepercayaan diri. Data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Trisakti. Variabel bebas adalah Aktivitas Siswa, dan Minat. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja karier dan kemampuan beradaptasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Penyuluh dari kampus A, kampus F, dan kampus Sentul yang berjumlah 66 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data adalah regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa tidak berpengaruh pada kinerja, dan minat memiliki pengaruh terhadap kinerja. Sementara aktivitas siswa tidak memiliki pengaruh terhadap kemampuan beradaptasi karier yang diukur dengan perhatian, kontrol diri, dan kepercayaan diri. Sementara aktivitas siswa memengaruhi adaptasi karier yang diukur dengan rasa ingin tahu. Minat memiliki pengaruh pada kemampuan beradaptasi yang diukur dengan perhatian, kontrol diri, dan kepercayaan diri. Minat tidak memiliki pengaruh pada kemampuan beradaptasi karier yang diukur dengan keingintahuan.
T his study aims to determine the effect of Extracurricular Activities and Interests on Career Performance and Adaptability Ability as measured by attention, self-control, curiosity, and self-confidence. The data used are primary data originating from questionnaires distributed to students of the Trisakti University accounting department. The independent variables are Student Activity, and Interest. The dependent variable used in this study is career performance and adaptability. The population in this study were S1 Extension students from campus A, campus F, and Sentul campus which amounted to 66 respondents. Sampling is done using the purposive sampling method. The data analysis technique is multiple regression. The results of hypothesis testing in this study indicate that student activity has no effect on performance, and interest has an influence on performance. While extracurricular activities have no influence on career adaptability as measured by attention, self-control, and self-confidence. While extracurricular activities influences career adaptation as measured by curiosity. Interest has an influence on adaptability as measured by attention, self-control, and self-confidence. Interest has no influence on career adaptability as measured by curiosity.