Perluasan terminal penumpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Kota Palembang Sumatera Selatan dengan pendekatan arsitektur eco-tech
P engembangan terminal Bandara Sultan Mahmud Badaruddin tahap II yang telahdilaksanakan adalah dengan luasan 34.000 m2 untuk kapasitas 3 juta penumpangternyata telah sudah terlampaui dengan pertumbuhan penumpang saat ini yangmenurut data stastistik sudah mencapaiangka3,2JPTpadaakhirtahun2014 ituberartikapasitasterminaitahapIIsudah mencapaipergerakan p~numpang akhir tahun 2014 dandiperkirakan akan mencapai 4,5 JPT pada tahun 2022, forecast tersebut belummemperhitungkan peningkatan penumpang pada saat event ASIAN GAMES yangdipastikanpadatahun 2018 Palembangakanmenjadituanrumah dan event olahraga akbarlainnya yang akan berlangsung di Jakabaring, Palembang, sport city terbesar di Asia.Sarna halnya dengan pertumbuhan pergerakan penumpang, pertumbuhan pergerakankargo di Terminal Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang jugamengalami peningkatan yang cukup tinggi. Pada tahun akhir 2014, pergerakanbarang di terminalkargomencapai15.000 ton/tahunsedangkanIuasanterminalkargosaat inihanya 1.800 m2 dengan kapasitas 7100 ton.
T he development of Phase II of the Sultan Mahmud Badaruddin Airport terminalimplemented is with an area of ​​34,000 m2 for a capacity of 3 million passengersit has been surpassed by the current passenger growth According to statistical data, it has reached 3.2JPT by the end of 2014 that means the capacity of the terminal stage II has reached the movement of passengers at the end of 2014 and is expected to reach 4.5 JPT in 2022, this forecast is not yet take into account the increase in passengers at the time of the ASIAN GAMES event It is certain that in 2018 Palembang will host large houses and sports events another which will take place in Jakabaring, Palembang, the largest sports city in Asia. This is the case with the growth of passenger movement, the growth of movement cargo at the Sultan Mahmud Badaruddin II Airport Terminal in Palembang as well experienced a high enough increase. In late 2014, the movementgoods at the terminal cost up to 15,000 tons / year while the cargo terminal areacurrently only 1,800 m2 with a capacity of 7100 tons.