Analisis kapasitas terminal penumpang Bandar Udara Sentani di Jayapura
P apua merupakan salah satu daerah yang menjadikan transportasi udara sebagai pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi. Seiring meningkatnya kegiatan pariwisata di Jayapura, maka meningkat pula jumlah pengunjung yang datang. Dengan adanya peningkatan jumlah penumpang di Bandar Udara Sentani, terminal penumpang terkadang mengalami penumpukan di beberapa area. Perlu di lakukan evaluasi terhadap kapasitas terminal penumpang yang ada saat ini dan analisa kebutuhan luas terminal penumpang dalam menampung sirkulasi pergerakan penumpang pada waktu sibuk, dengan memperhitungkan peningkatan penumpang dimasa mendatang, sehingga didapat kesesuaian antara kapasitas terminal penumpang dengan luas terminal penumpang saat ini. Hasil penelitian untuk terminal penumpang keberangkatan, luas aktual terminal lebih besar daripada luas operasionalnya, sehingga terminal keberangkatan mampu menampung sirkulasi pergerakan penumpang pada waktu sibuk yaitu sebesar 220 penumpang, sementara luas aktual terminal kedatangan lebih kecil daripada luas operasionalnya, sehingga terminal kedatangan kurang mampu untuk menampung sirkulasi pergerakan penumpang kedatangan pada waktu sibuknya yaitu sebesar 232 penumpang. Untuk LOS sendiri berdasarkan standar IATA mendapatkan hasil yang memenuhi standar.
P apua is one area that makes air transportation the first choice for meeting mobilization needs. Along with the increase in tourism activities in Jayapura, the number of visitors who arrived also increased. With the increase in the number of passengers at Sentani Airport, passenger terminals sometimes experience buildup in several areas. It is necessary to evaluate the existing passenger terminal capacity and analyze the broad needs of passenger terminals in accommodating the circulation of passenger movements at busy times, taking into account the increase in passengers in the future, so that the passenger terminal capacity is congruent with the current passenger terminal area. The results of the departure terminal for passengers, the actual area of the terminal is greater than the operational area, so the departure terminal is able to accommodate the circulation of passenger movements at a busy time of 220 passengers, while the actual arrival terminal area is smaller than the operational area circulation of passenger movement arrives at busy times which is equal to 232 passengers. For LOS itself based on IATA standards get results that meet the standards.