DETAIL KOLEKSI

Perancangan terminal penumpang Bandara Udara Internasional Jawa Barat dengan pendekatan arsitektur eco-technology di Kertajati Majalengka


Oleh : Arini Trimantri R

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Nurhikmah Budi

Pembimbing 2 : Moh Ali Topan

Subyek : Airport - Design;Airport - Building design

Kata Kunci : passenger terminal, airport, eco-technology, kertajati majalengka, west java

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2018_TA_AR_052001400020_Halaman-judul.pdf
2. 2018_TA_AR_052001400020_Bab-1.pdf 10
3. 2018_TA_AR_052001400020_Bab-2.pdf
4. 2018_TA_AR_052001400020_Bab-3.pdf
5. 2018_TA_AR_052001400020_Bab-4.pdf
6. 2018_TA_AR_052001400020_Bab-5.pdf
7. 2018_TA_AR_052001400020_Daftar-pustaka.pdf

P erancangan Terminal Penumpang Bandar Udara Internasional Jawa Barat(Bandara Kertajati) merupakan sebuah proyek yang menjadi solusi modapenerbangan Jawa Barat dan direncanakan untuk menggantikan fungsi BandaraHusein Sastranegara dengan segala keterbatasannya, diharapkan denganadanya Bandara Kertajati dapat menciptakan respon yang baik dalam percepatanpertumbuhan investasi yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi di JawaBarat serta terhadap kebutuhan masyarakat dan dunia usaha dalam pemanfaatanmoda penerbangan. Pendekatan perancangan yang terpilih, yaitu Eco –Technology, diterapkannya pendekatan ini berlandaskan Peraturan DirekturJenderal Perhubungan Udara nomor : SKEP 124/VI/2009 tentang pedomanpelaksanaan Bandar Udara Ramah Lingkungan (Eco airport). Untuk mendapatkandesain yang tepat untuk target perencanaan tersebut, digunakan teori dariKhatarina H. Anthony dan Robert G. Hersberger dalam proses analisa danditransformasikan menjadi suatu kesatuan desain. Studi preseden serta pencarianinformasi dari berbagai sumber empiric juga dilakukan dalam rangka pengumpulandata-data yang diperlukan selama proses pengerjaan. Studi preseden sertapencarian informasi dari berbagai sumber juga dilakukan dengan tujuanpengumpulan data-data yang diperlukan selama proses pengerjaan. Dari prosespengumpulan data tersebut, terbentuk kriteria desain yang dianalisa menjadikonsep programatik dan diolah menjadi skematik desain. Setelah proses skematikdesain, proses selanjutnya adalah mentransformasikan skematik desain menjadisuatu kesatuan desain yang dapat disimpulkan untuk perencanaan TerminalPenumpang Bandara Internasional Jawa Barat.

T he design of the West Java International Airport Passenger Terminal(Kertajati Airport) is a project that becomes a West Java flight mode solutionand is planned to replace the function of Husein Sastranegara Airport withall its limitations, it is expected that with the Kertajati Airport can create agood response in accelerating investment growth on economic growth inWest Java as well as the needs of the community and the business worldin utilizing the flight mode. The chosen design approach, namely Eco -Technology, the implementation of this approach is based on the DirectorGeneral of Civil Aviation Regulation number: SKEP 124 / VI / 2009concerning guidelines for implementing Eco-Airport (Eco airport). To get theright design for the planning target, the theories of Khatarina H. Anthonyand Robert G. Hersberger were used in the analysis process and transformed into a unified design. Precedent studies and informationretrieval from various empirical sources were also carried out in the contextof collecting data needed during the process. Precedent studies andinformation retrieval from various sources are also carried out with the aimof collecting the data needed during the process. From the data collectionprocess, the design criteria were formed which were analyzed into aprogramatic concept and processed into a schematic design. After theschematic design process, the next process is to transform the designschematic into a design unity that can be concluded for planning the WestJava International Airport Passenger Terminal.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?