Peranan desain komunikasi visual dalam desain kemasan dan media promosi bir pletok Setu Babakan
P erkembangan zaman yang pesat serta masuknya berbagai pengaruh dari luar khususnya pada produk minuman membuat minuman tradisional mulai terlupakan. Salah satunya minuman tradisional khas Betawi yakni Bir Pletok yang memiliki nilai sejarahnya tersendiri dengan ibukota DKI Jakarta. Di kota Jakarta sendiri terdapat beberapa UKM yang masih aktif dalam memproduksi minuman bir pletok. Salah satunya produk minuman Bir Pletok Setu Babakan yang sudah ada sejak tahun 1997. Walaupun sudah ada sejak lama produk Bir Pletok Setu Babakan masih jarang ditemukan di sekitar kota Jakarta serta dari segi tampilan kemasan kurang menarik. Pemecahan masalah dapat dilakukan dengan pengumpulan data menggunakan metode kualitatif yang meliputi wawancara dan observasi langsung dengan pelaku usaha Bir Pletok Setu Babakan serta melalui teori-teori pendukung, artikel online, dan kuisioner online. Hasil pengolahan data tersebut penulis meredesain kemasan dan membuat media promosi agar produk Bir Pletok Setu Babakan kedepannya dapat lebih dikenal, lebih diminati dan dapat bersaing dengan produk minuman lainnya dipasaran.
T he rapid development of the times and the inclusion of various influencesfrom outside, especially on beverage products, made traditional drinks begin to beforgotten. One of them is the traditional drink of Betawi that is Bir Pletok which hasits own historical value with the capital city of DKI Jakarta. In the city of Jakarta, thereare a number of SMEs that are still active in producing Bir Pletok. One of them is theBir Pletok Setu Babakan beverage product that has been around since 1997. Althoughthere has been a long time ago the Bir Pletok Setu Babakan product is rarely foundaround the city of Jakarta and in terms of packaging appearance is less attractive.Problem solving can be done by collecting data using qualitative methods whichinclude direct interviews and observations with Bir Pletok Setu Babakan businessesand through supporting theories, online articles, and online questionnaires. The resultsof the data processing the author designed the packaging and made promotional mediaso that the future Bir Pletok Setu Babakan products could be better known, moredesirable and able to compete with other beverage products in the market.