Desain sarana fasilitas pada ruang tunggu Bandara Soekarno Hatta
B andara Internasional Soekarno Hatta memiliki peranan dan fungsi penting dalam sarana transportasi udara di Indonesia. Melihat kondisi fasilitas ruang tunggu khususnya yang kurang memenuhi syarat kebutuhan ruang tunggu dan fasilitas terminal yang ada. Maka dalam tugas akhir ini dilakukan evaluasi terhadap ruang tunggu keberangkatan dan kedatangan domestik, mengetahui kapasitas ruang tunggu, memperkirakan jumlah penambahan penumpang, mengetahui luasan dan fasilitas ruang tunggu yang ada sekarang masih dapat menampung penumpang hingga 5 tahun ke depan. Dengan adanya studi evaluasi ini diharapkan permasalahan yang ada saat ini dapat diatasi semaksimal mungkin. Tugas akhir ini dibuat dengan melakukan pendataan langsung ke lokasi (survey) dan melakukan pengambilan data kepada instansi terkait serta memperkirakan penambahan penumpang untuk 5 tahun kedepan, mengetahui kapasitas ruang tunggu untuk 5 tahun mendatang. Sedangkan untuk memperkirakan penambahan penumpang dan mengetahui kapasitas luasan ruang tunggu untuk menampung penumpang 5 tahun mendatang menggunakan perhitungan analisa regresi linier, rasio dan level of service dimana data penumpang per jam, per hari, per bulan, per tahun dan luas Bandara serta ruang tunggu mengacu pada data PT.Angkasa Pura I
S oekarno Hatta International Airport has an important role and function in air transportation in Indonesia. Seeing the condition of lounge facilities, especially the less qualified and the waiting room needs the existing terminal facilities. So in this final evaluation of the departure lounge and domestic arrivals, knowing the capacity of the reception area, estimate the number of additional passengers, knowing the area and lounge facilities which are now still can accommodate passengers up to 5 years. With the existence of this evaluation study is expected to problems that exist today can be overcome as much as possible. The final task is made by collecting data directly to the location (survey) and data collection to the relevant agencies and anticipates the addition of a passenger for the next 5 years, knowing the capacity of the reception area for the next 5 years. As for the estimated increase passenger and determine the capacity of an area of ​​the lounge to accommodate passengers next 5 years using the calculation of linear regression analysis, ratios and levels of service in which the data of passengers per hour, per day, per month, per year, and comprehensive service and a lounge area refers to Data PT.Angkasa Pura I