Analisis sistem drainase sisi udara Bandar Udara Internasional Yogyakarta menggunakan epa swmm 5.1
U ntuk meningkatkan pelayanan dan kapasitas Bandar Udara di Daerah IstimewaYogyakarta, PT. Angkasa Pura 1 membangun bandar udara baru sebagai pengganti BandarUdara Adisutjipto yaitu Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Dalam perencanaannya,bandar udara memerlukan fasilitas keselamatan yaitu sistem drainase untuk mengalirkandan membuang kelebihan air pada sisi udara melalui serangkaian bangunan air agar tidakterjadi genangan air yang dapat mengganggu dan membahayakan kegiatan penerbangan.Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis untuk mengetahui besarnya dimensi salurandrainase sisi udara Bandar Udara Internasional Yogyakarta yang diperlukan untuk mampumenampung debit rencana yang terjadi. Pada penelitian ini, perhitungan debit rencana dandimensi saluran akan menggunakan aplikasi EPA SWMM 5.1. Dari hasil pemodelan,didapatkan debit rencana yaitu besar debit aliran maksimum pada saluran akhir bagiankanan sebesar 20,25 m3/detik dan besar debit aliran maksimum pada saluran akhir bagiankiri sebesar 18,83 m3/detik, sehingga direncanakan saluran bentuk penampang persegi yaituU-Ditch tanpa cover dengan lebar 6 m dan tinggi 2,5 m.
T o improve service and airport capacity in the Special Region of Yogyakarta., PT.Angkasa Pura 1 built a new airport as a replacement for Adisutjipto Airport, namelyYogyakarta International Airport. In its planning, airports require safety facilities, namelya drainage system to drain and dispose of excess water on the air side through a series ofwater structures so that there is no puddle of water that can interfere and endanger flightactivities. Therefore, it is necessary to analyze to determine the dimensions of the air sidedrainage channel of Yogyakarta International Airport which is needed to be able toaccommodate the planned discharge that occurs. In this study, the calculation of the designdischarge and channel dimensions will use the EPA SWMM 5.1 application. From themodeling results, the design discharge is obtained, namely the maximum flow rate in theright end channel of 20.25 m3/second and the maximum flow discharge in the left endchannel of 18.83 m3/second, so that the planned channel has a rectangular cross-section,namely U- Ditch without cover with a width of 6 m and a height of 2.5 m.