Evaluasi kinerja fasilitas pada proses keberangkatan dan kedatangan penumpang di terminal Yogyakarta international airport
K ecepatan dalam pelayanan dan kecukupan luas fasilitas menjadi indikator untuk baik atau tidaknya kinerja fasilitas terminal di suatu bandara. Peramalan pennumpang dilakukan supaya mengetahui apakah standar pelayanan fasilitas di bandara akan selalu memenuhi atau tidak diwaktu yang akan mendatang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey pada fasilitas terminal seperti pemeriksaan keamanan, area check in, ruang tunggu dan pengambilan bagasi, setelah itu dianalisa menggunakan PM 178 2015. Perhitungan dalam penelitian ini memakai standar SNI 03-7046-2004 dan IATA. Hasil dari penelitian ini adalah luas area yang dibutuhkan pada kondisi eksisting pada waktu sibuk dan tahun rencana pada area check in, ruang tunggu dan pengambilan bagasi adalah memenuhi. Standar pelayanan untuk area ruang tunggu dan pengambilan bagasi pada saat kondisi eksisting maupun tahun rencana adalah A. sedangkan untuk standar pelayanan luasan antrean check in untuk kondisi eksisting adalah A dan tahun rencana adalah E. Maka diperlukan perluasan luas antrian check in dan membagi sistem check in menjadi self check in dan check in manual. Sedangkan untuk survey menurut PM 178 2015 hasilnya adalah A dengan nilai total 90.
T he speed of service and the adequacy of the facility area are indicators of whether or not the performance of terminal facilities at an airport is good. Passenger forecasting is done to find out whether the standard of service facilities at the airport will always meet or not in the future. The method used in this study is a survey method at terminal facilities such as security checks, check-in areas, waiting rooms and baggage retrieval, then analyzed using PM 178 2015. The calculations in this study use the SNI 03-7046-2004 and IATA standards. The results of this study are the required area in the existing conditions at busy times and the planning year in the check-in area, waiting room and baggage collection is fulfilled. The service standard for the waiting room area and baggage retrieval during the existing condition and the planning year is A. Meanwhile, the service standard for the check-in queue area for the existing condition is A and the plan year is E. So it is necessary to expand the check-in queue area and divide the check-in system. be self-check in and check-in manual. As for the survey according to PM 178 2015 the result is A with a total score of 90.