Analisis pengaruh efektivitas dan efisiensi anggaran terhadap kinerja Universitas Negeri badan layanan umum
P enelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis adanya hubungan antara efektivitas anggaran dan efisiensi anggaran terhadap kinerja Universitas Negeri BadanLayanan Umum di bidang layanan pendidikan. Pengukuran dalam penelitian inimenggunakan berbagai rasio untuk menukur nilai efektivitas anggaran dan efisiensianggaran. Pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini bersifat studidokumenter dengan menggunakan analisis terhadap data sekunder. Sampel yangdigunakan adalah Laporan Keuangan (audited) universitas negeri berstatus BadanLayanan Umum untuk periode tahun 2020. Pengujian data dalam penelitian inimenggunakan metode analisis regresi berganda dengan pelaksanaan uji asumsi klasikdan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel efektivitasanggaran berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap kinerja universitasuniversitas BLU, sementara efisiensi anggaran, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja universitas-universitas BLU.
T his study aims to examine and analyze the relationship between budget effectiveness and budget efficiency on the performance of Public University-PublicService Agency. Measurements in this study use various ratios in order to measure thevalue of both budget effectiveness and budget efficiency. The data collected in this studycan be categorized as data used for a documentary study using secondary data. Thesample used is the audited Financial Statements Public University-Public ServiceAgency within the period of 2020. This study is using multiple regression analysis methodwith the implementation of the classical assumption test and hypothesis test. The resultsof the study indicate that the variables of budget effectiveness have a negative butinsignificant effect on the performance of Public University-Public Service Agency andbudget efficiency have a positive and significant effect on the performance of PublicUniversity-Public Service Agency.