Hubungan kecanduan pennggunaan gadget dengan depresi pada siswa SMA
D alam era globalisasi teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat dan cepat, hingga telah menciptakan ketergantungan terhadap masyarakat. Hal ini mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia. Tuntutan akan kebutuhan pertukaran informasi yang pesat dan cepat menyebabkan meningkatnya peranan teknologi komunikasi menjadi sangat penting dalam kehidupan sehari - hari. Khususnya para remaja, dimana mereka sudah mengasumsikan teknologi sebagai kebutuhan utama untuk sosial dan pendidikan mereka. Kecanduan penggunaan internet memiliki dampak negatif pada kesehatan mental. Ada hubungan yang positif antara kecanduan penggunaan internet dan gangguan kejiwaan seperti depresi. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa terdapat pengaruh kecanduan penggunaan gadget dapat mengakibatkan efek yaitu gangguan kesehatan mental seperti depresi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecanduan penggunaan gadget dengan depresi pada siswa SMA.METODEPenelitian ini menggunakan desain penelitian analitik observasional dengan pendekatan studi cross sectional dengan uji analisis menggunakan chi-square. Penelitian dilakukan kepada 388 siswa SMAI Al – Azhar 4. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang meliputi jenis kelamin, durasi penggunaan gadget, Beck Depresion Inventory (BDI), ketergantungan penggunaan gadget. Analisis data menggunakan SPSS for windows 17.0 dan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0,05.HASILSebagian besar responden yang mengalami candu berat (43.2%) memiliki depresi sebanyak 166 siswa sedangkan pada responden yang mengalami candu sedang (23.4%) dan memiliki depresi hanya 90 siswa. Analisis bivariat didapatkan hubungan yang bermakna antara kecanduan penggunaan gadget dengan depresi (p=0,000) sedangkan untuk variabel jenis kelamin (p=000), terdapat hubungan dengan depresiKESIMPULANTerdapat hubungan yang bermakna antara kecanduan penggunaan gadget dengan depresi pada siswa SMA
T he advanced development of technology is one of the most important factor towards the people, especially the young. Technology, by the young people is assumed to be their basic and ultimate social and educational needs. The internet usage addiction has a negative impact towards mental health. There is a positive relationship between internet usage addiction and mental disorders such as depression. Previous researches stated that there are mental disorders such as depression resulted from the gadget usage addiction. The aim of this research is to find out about the relationship between gadget usage addiction and depression in high school students.METHODObservational analysis research design is applied in this research with the approach of cross-sectional with the chi-square analysis test. The research is done to 388 Al-Azhar 4 High School student. The data is collected using questionnaire that includes gender, gadget usage duration, Beck Depression Inventory (BDI), and the gadget usage dependency. SPSS for Windows 17.0 is used for the data analysis with 0.05 level of significance used.RESULTMost of the respondents with heavy addiction (43.2%) have depression is as many as 166 students, while the respondents with moderate addiction (23.4%) and have depression is as many as 90 students. There is a significant relationship between gadget usage addiction and depression (p=0,000) through bivariate analysis, and there is a relationship with depression for the gender variable (p=0,000),CONCLUSIONThere is a siginificant relationship between gadget usage addiction and depression in high school students