Hubungan tingkat depresi dengan prestasi akademik di SMAN 8 Jakarta
P restasi akademik adalah hasil belajar yang diperoleh dari kegiatan pembelajarandi sekolah. Penelitian Balitbang Depdiknas menghasilkan temuan bahwa pada 20SMA unggulan di Indonesia terdapat 21,75% siswa dengan tingkat kecerdasanrata-rata yang memiliki prestasi di bawah rerata. Salah satu faktor yang dapatmemengaruhi prestasi akademik adalah depresi. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui hubungan tingkat depresi dengan prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan metode potongsilang yang mengikutsertakan 191 siswa kelas 10 dan 11 di SMAN 8 Jakarta. Datadikumpulkan dengan menggunakan data sekunder berupa nilai rapor dan dataprimer berupa kuesioner yang meliputi tingkat depresi dan tingkat pendidikanorang tua. Analisa data dengan menggunakan SPSS versi 20.0 dan tingkatkemaknaan yang digunakan sebesar 0,05. Dari hasil analisa menggunakan uji Chi-square dan Kolmogorov-Smirnovmenunjukkan tidak terdapat hubungan antara tingkat depresi (p=0,612) dantingkat pendidikan orang tua (p=1,000) dengan prestasi akademik. Tidak terdapat hubungan antara tingkat depresi dengan prestasi akademik.
A cademic achievement is a learning result obtained from learning activities in school. The Ministry of National Education Research and Development Research produced findings that in the leading 20SMA in Indonesia there were 21.75% of students with average intelligence levels who had achievements below the average. One of the factors that can affect academic achievement is depression. This study aims to determine the relationship between the level of depression and academic achievement. This study used an observational analytic design with cross sectional method which included 191 10th and 11th grade students at SMAN 8 Jakarta. Data collected by using secondary data in the form of report cards and primary data in the form of a questionnaire covering the level of depression and the level of education of parents. Data analysis using SPSS version 20.0 and the level of significance used at 0.05. From the results of the analysis using Chi-square and Kolmogorov-Smirnov tests showed there was no relationship between the level of depression (p = 0.612) and the level of education of parents (p = 1,000) with academic achievement. There is no relationship between the level of depression and academic achievement.