Hubungan bermain game online dan tingkat konsentrasi pada siswa SMA
R emaja memiliki beragam cara untuk memenuhi kebutuhan akan hiburan, salah satunya adalah bermain. Perkembangan teknologi telah membawa permainan menggunakan media elektronik dan internet yaitu game online. Beberapa penelitian menunjukkan adanya pengaruh negatif pada remaja yang disebabkan oleh game online. Permainan game online dapat menyita waktu yang sangat banyak sehingga pelaku fokus untuk terus bermain sehingga dapat mempengaruhi sosialisasi dan konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bermain game online dan tingkat konsentrasi pada siswa SMA. Penelitian menggunakan studi observasional dengan metode potong lintang yang mengikutsertakan murid sekolah menengah atas di daerah Bekasi. Data dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner yang meliputi usia, jenis kelamin, durasi, dan frekuensi bermain game online. Pengukuran tingkat konsentrasi dilakukan dengan mengerjakan Army Alpha Test. Analisis data menggunakan SPSS. Sebanyak 466 subjek penelitian berpartisipasi pada penelitian ini sampai dengan selesai. Didapatkan hasil distribusi siswa yang bermain game online sebanyak 231 dari 466 yang berpartisipasi, dari 231 orang subjek penelitian yang bermain game online, terdapat sebanyak 69 orang (14.81%) yang memilki konsentrasi rendah, 99 orang (21.24%) memiliki konsentrasi yang sedang, dan 63 orang lainnya (13.52%) memiliki konsentrasi yang tinggi. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara bermain game online dan tingkat konsentrasi pada siswa SMA. Terdapat hubungan antara bermain game online dan tingkat konsentrasi pada siswa SMA
T eens have a variety of ways to fulfill the entertainment needs , one of them is playing . The development of technology has brought the game using electronic media and the internet , namely online games . Some studies indicate a negative influence on teenagers caused by online gaming . Online games can be a very time consuming so many players focus to continue to play that can affect socialization and concentration . This study aims to determine the relationship between online gaming and the concentration level on high school students. The study used an observational study with cross sectional method involving high school students in the area of Bekasi. Data were collected through interviews using a questionnaire covering age, gender, duration, and frequency of online gaming. Concentration level measurement is done by doing the Army Alpha Test. Data analysis using SPSS. A total of 466 subjects participated in this research study until completion . Distribution of students who play online games as many as 231 of the 466 who participated , from 231 research subjects who play online games , there are as many as 69 people ( 14.81 % ) that have low concentrations level , 99 ( 21:24 % ) had a moderate concentration level , and 63 others ( 13:52 % ) had high concentrations level. Statistical test results showed that there was a significant relationship between playing online games and the concentration level on high school students. There is a relationship between online gaming and the concentration level on high school students