Perancangan kampanye sosial budaya keselamatan kerja di PT Coca-Cola Indonesia
B udaya keselamatan kerja memegang peranan yang sangat penting dalam membentuk perilaku pekerja pada industri minuman ringan. Dengan demikianusaha untuk mengurangi risiko kecelakan kerja di pabrik harus dimulai dengan membentuk budaya keselamatan kerja yang baik. Penulisan ini ditujukan untuk mengetahui secara praktis pengaruh budaya keselamatan kerja pada perilakupekerja. Penulisan ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapuninforman dalam penelitian ini yaitu Quality, Safety, and Environmental (QSE)Manager Coca-Cola Indonesia, Head Safety Coca-Cola Indonesia, dan Safety Officer di pabrik Coca-Cola, Cibitung, yang merupakan ahli K3 dan informanpendukung seperti karyawan dan kontraktor pabrik. Teknis analisis data yang digunakan adalah model interaktif.
T he workplace safety culture plays a very important role in shapingworkers’ behavior in soft drink industry. Which means that efforts must be initiatedto reduce the risk of workplace accidents at the factory by building a good worksafety culture. This is a study to examine the importance of a workplace safetyculture on workers' behavior. This paper uses qualitative research techniques. Datacollection are obtained by conducting observations, interviews and documentation.The informants in this study were Quality, Safety, and Environmental (QSE)Manager of Coca-Cola Indonesia, Coca-Cola Indonesia Head of Safety, andSafety Officer at the Coca-Cola factory, Cibitung, who are also K3 expert andother contributors such as employees and factory contractors. Data analysistechniques using interactive models.