DETAIL KOLEKSI

Usulan perancangan rute insertion dengan pendekatan Nearest Neighbour dan Lin and Kernighan's pada mesin Axial Dynapert VCD-G di PT.Sharp Electronics Indonesia


Oleh : Christian Agus

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2005

Pembimbing 1 : Docki Saraswati

Subyek : Computer aided engineering;Machine-tools - Numerical control

Kata Kunci : PT. Sharp Electronics Indonesia,route insertion design, Nearest Neighbor, Lin and Kernighan's, Axial

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2005_TA_TI_06301002_Halaman-Judul.pdf 11
2. 2005_TA_TI_06301002_Bab-1.pdf 5
3. 2005_TA_TI_06301002_Bab-2.pdf
4. 2005_TA_TI_06301002_Bab-3.pdf
5. 2005_TA_TI_06301002_Bab-4.pdf
6. 2005_TA_TI_06301002_Bab-5.pdf
7. 2005_TA_TI_06301002_Bab-6.pdf
8. 2005_TA_TI_06301002_Bab-7.pdf
9. 2005_TA_TI_06301002_Bab-8.pdf
10. 2005_TA_TI_06301002_Daftar-Pustaka.pdf 1
11. 2005_TA_TI_06301002_Lampiran.pdf

P enggunaan dari mesin Numerical Control (NC) sangat dirasakan manfaatnya dalam industn. Salah satu contoh penggunaannya adalah pernasangan kornponen­ kornponen elektronik pada Printed Circuit Board (PCB). Proses pernasangan (insertion) komponen PCB di djvisi Auto Insert Machine PT Sharp Electronics Indonesia juga memanfaatkan penggunaan dari mesin NC. Proses insertion komponen yang sangat binyak dalarn suatu PCB menyebabkan dibutu kannya suatu rute atau urutan pemasangan komponen guna mendapatkan waktu siklus yang kecil. Berdasarkan pengarnatan, divisi Auto Insert Machine mengalami masalah dalam menentukan rute insertion komponen PCB untuk mendapatkan waktu siklus yang optimal karena belum menggunakan suatu pendekatan atau metode tertentu dalarn menentukan rute insertion.Berdasarkan permasalahan tersebut ma.lea dilakukan penelitian terhadap proses insertion komponen axial PCB 29ZF200MS pada mesin Axial Dynapert VCD-G. Jumlah komponen yang harus di-insert pada PCB ini berjumlah 146 komponen yang dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian pertama adalah komponen Isampai 88 dan bagian kedua adalah komponen 89 sampai 146. Rute insertion yang dijalankan perusabaan saat ini menghasilkan jarak tempuh sebesar 4335.94 mm, dan waktu siklus 73.48 detik.Untuk mendapatkan rute dengan waktu siklus yang lebih baik maka pada penelitianini digunakan suatu algoritma heuri tik permasalahan Traveling Salesman Problem yang memberikan hasil mendekati optimal tmtuk merancang rute insertion komponen PCB 29ZF200MS. Metode Nearest Neighbour untuk prosedur perancangan rute dan metode Lin and Kernighan 's untuk prosedur perbaikan rute adalah dua algoritma heuristik yang digunakan untuk merancang rute insertion dalarn penelitian ini. Perhitungan kedua algoritma ini dibantu dengan menggunakan software Win QSB version 1.0. Perancangan rute yang lebih baik dengan kedua algoritma heuristik diatas dilakukan dengan menggunakan 4 (ernpat) skenario yaitu : (I) Rute bagian pertama dan kedua dengan rnetode Nearest Neighbour yang menghasilkan jarak tempuh 3282.47 mm, dan waktu siklus 63.93 detik. (2) Rute bagian pertama dengan metode Nearest Neighbour dan bagian kedua dengan metode Lin and Kernighan 's yang menghasilkan jarak ternpuh 3088.79 mm, dan waktu siklus 62.18 detik. (3) Rute bagian pertarna dengan metode Lin and Kernighan 's dan bagiru : kedua dengan metode Nearest Neighbour yang menghasilkan jarak tempuhmm, dan waktu siklus 62.71 detik. (4) Rute bagian pertama dan kedua dengan metode Lin and Kernighan 's yang menghasilkan jarak tempuh 3058.74 mm, dan waktu siklus 61.90 detik. Perancangan rute yang memberikan hasil terbaik adalah perancangan rute bagian pertama dan kedua dengan menggunakan metode Lin and Kernighan 's yang memberikan penurunan jarak tempuh sebesar 29.46 % serta penurunan waktu siklus sebesar 15.76 % terhadap rute yang dijalankan perusahaan.

T he useage of Numerical Control (NC) machine was very felt it's benefit in industry. One "of the example of it's use is the insertion of electronic components at Printed Circuit Board (PCB). The insertion process of PCB in Auto lilsert Machine PT. Sharp Electronics Indqnesia also exploit the usage of NC machine. A lot of component that use in insertion process in PCB cause requiring a sequence or insertion route of component utilize to get a small cycle time. Based on observation, Auto Insert Macnine division have a problem in determine insertion route of PCB component to get an optimal cycle time because this division not yet used a certain method or approach in determining insertion route.Ba:ed on that problems, then the research was done on insertion process of axial PBC 29F200MS component at Axial Dynapert VCD-G machine. Amount of componentwhich must to insert at this PCB was 146 compor1ents that divide into 2 shares that is the component 1 until 88 which in the first shares and the second shares compose the component 89 until J 46. The insertion route that company have in thi s time yield traveled distance equal to 4335.94 mm and a cycle time equal to 73.48 second.In case to get route with a better cycle time so this research used a heuristic algorithm problems of Traveling Salesman Problem that will giving a result that approach optimal to design an insertion route component of PCB 29ZF200MS. f. Nearest Neighbour Method for the construction procedure and Lin and Kernighan's Method for the improvement procedure are two heuristic algorithm that used to design insertion route in this research. The Calculation of both algorithm was using Win QSB software version 1.0. Design for a better route from both heuristic algori:hm above done by using 4 scenario that is : ( 1) The first and the second route calculate using Nearest Neighbour method which yield travelled distance 3282.47 mm and cycle time 63.93 second. (2) Using Nearest Neighbour method for the first route and Lin and Kernighan's method for the second route which yield travelled djstance 3088.79 mm and cycle time 62.18 second. (3) Using Lin and Kemighan's method for the first route and Nearest Neighbour method for the second route which yield travelled distance 3148.16 mm and cycle time 62.71 second. (4) The fir.st and the second route calculate using Lin and Keri.lighan's which yield travelled distance 3058.74mm and cyle time 61.90 second. Design of route that giving the best result is scheme of the first and the second route using Lin and Kemighan's Method which giving degradation of travelled distance equal to 29.46% and also degradation 0f cycle time equal to 15.76% from route that company have in this time.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?