Pengaruh corporate social responsibility berbasis lingkungan, produk, masyarakat terhadap brand equity
T ujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility berbasis Lingkungan, Produk, dan Masyarakat terhadap Brand Equity dengan studi brand otomotif di Indonesia.Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar kuesioner untuk mendapatkan data. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yang berjumlah 143 sampel. Populasi dalam penelitian ini merupakan masyarakat generasi milenial berusia 20-35 tahun yang dibagi dalam kedua lapisan, yaitu mahasiswa dan yang sudah memiliki pekerjaan. Untuk menentukan kuesioner, penelitian ini menggunakan KLD Statistic (RiskMetrics) yang menjadi acuannya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah model regresi berganda dengan aplikasi olah data SPSS (Statistical Program for Social Science).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Corporate Social Responsibility berbasis Lingkungan berpengaruh positif terhadap Brand Equity, (2) Corporate Social Responsibility berbasis Produk berpengaruh positif terhadap Brand Equity, dan (3) Corporate Social Responsibility berbasis Masyarakat berpengaruh positif terhadap Brand Equity.
T he purpose of this research is to analyze the impact of Environmental, Product, and Community based Corporate Social Responsibility to Brand Equity with studies about automotive brand in Indonesia.This research uses primary data by distributing questionnaires to obtain data. Sample selection using purposive sampling which has 143 samples. The population of this research is milenial generation community with age range 20-35 years old in two catagories (college student and workers). This research uses KLD Statistic (RiskMetrics) to determining questionnaire as its reference. The method for data analysist is multiple regression model with SPSS (Statistical Program for Social Science) application for data process.The result indicates that (1) Environmental-based Corporate Social Responsibility has positive impact to Brand Equity, (2) Product-based Corporate Social Responsibility has positive impact to Brand Equity, and (3) Community-based Corporate Social Responsibility has positive impact to Brand Equity.