Rancangan pengukuran kinerja pada PT Warna Indah Natural (perusahaan printgila) menggunakan metode Sustainable Balanced Scorecard
P ercetakan PrintGila adalah layanan printing berbasis cloud dibawahnaungan PT Warna Indah Natural (WIN) yang dirancang untuk memenuhikebutuhan cetak dengan hasil yang sempurna dan biaya yang ekonomis. Tujuanpenelitian ini adalah merancang pengukuran kinerja perusahaan percetakanPrintGila dengan menggunakan metode Sustainable Balanced Scorecard.Metodologi penelitian yang digunakan adalah Sustainable Balanced Scorecardyaitu Balanced Scorecard dengan pendekatan sustainability yang mencakup 5perspektif yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran danpertumbuhan, serta lingkungan. Penelitian berupa pengukuran kinerja dilakukandengan metode Sustainable Balanced Scorecard (SBSC), analisa terdiri dari 5perspektif dan mengangkat isu penting yaitu perspektif lingkungan yang dapatdikaitkan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) terutama pada goal 12yaitu pelaksanaan program konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.Langkah-langkah penelitian dilakukan dengan pendekatan paparan lingkungan danpaparan sosial, diawali dengan analisa SWOT perusahaan yaitu menganalisa faktorinternal berdasarkan kekuatan dan kelemahan perusahaan menggunakan ValueChain dan analisa faktor eksternal berdasarkan peluang dan ancaman perusahaanmenggunakan Five Force Porter’s. Berdasarkan perhitungan IFE-EFE Matrixdiketahui bahwa posisi perusahaan berada pada peringkat 1 yaitu pertumbuhan.Maka dari itu dilakukan penelitian pengukuran kinerja menggunakan metodeSustainable Balanced Scorecard, yang mencakup pengukuran Net Profit Margin(NPM), efisiensi biaya, loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan, motivasikaryawan berdasarkan perhitungan tingkat produktivitas karyawan, dan kepuasankaryawan. Hasil penelitian menunjukkan pengukuran kinerja percetakan PrintGilasebesar 3.30 yang dikategorikan dalam Sustainable Balanced Scorecard sudahcukup penting. Usulan perbaikan dalam penelitian ini adalah mengutamakan objekstrategi loyalitas pelanggan dalam perspektif pelanggan dan objek strategimengubah bahan baku yang belum ramah lingkungan menjadi bahan baku yanglebih ramah lingkungan dalam perspektif lingkungan.
P rintGila printing company is a cloud based system printing company underthe auspices of PT Warna Indah Natural (WIN), designed to occupy printing needswith an excellent result and economical cost. The purpose of this research is tomeasured the performance in PrintGila company using Sustainable BalancedScorecard method. A new perspective called environmental perspective has beenadded to this new Sustainable Balanced Scorecard. The Sustainable BalancedScorecard analysis consist of 5 perspectives that raised an important issue asEnvironmental Perspective that can be linked to Sustainable Development Goals(SDGs) especially on goal 12 that is ‘Responsible Consumption and Production’program implementation. The research is being approached by Environmental andSocial Exposure, started with SWOT analysis such as analyzing internal factorsbased from strength and weakness aspects using Value Chain method, subsequentlyanalyzing external factors based from threat and opportunity aspects using FiveForce Porter’s method. The result of IFE-EFE Matrix is that the company had thefirst position namely Growth. Therefore a performance measurement research wasconducted using Sustainable Balanced Scorecard method, which includesmeasurements of Net Profit Margin (NPM), Cost Efficiency, Customer Loyalty,Customer Satisfaction, Employee Motivation, and Employee Satisfaction. Thenumber of PrintGila measurement performance result is 3.30, it is getting into thecategory ‘Quite Important’. The proposed improvement in this research is toprioritize the object of the customer loyalty strategy in the customer's perspectiveand the object of the strategy of converting raw materials that are not yetenvironmentally friendly into raw materials that are more environmentally friendlyin an environmental perspective.