Perancangan model dan pengukuran kinerja perusahaan menggunakanmetode balanced scorecard pada CV. Mandiri Garmen
P Perkembangan dunia bisnis pada era sekarang sangatlah kompetitif, khususnya terhadap bisnis garment, karena selera pasar yang berubah – ubah, sehingga setiap perusahaan perlu mengalami perubahan dalam persaingan, pemasaran, produkksi dan pengelolaan perusahaan, sehingga perusahaan harus meningkatkan kinerja perusahaannya agar mampu bersaing. Penelitian dilakukan dengan tujuan merancang model dan melakukan pengukuran kinerja perusahaan sehingga nantinya perusahaan mampu melihat bagaimana tingkat kinerja perusahaan selama ini dan mampu mengevaluasi hasil kinerjanya sehingga nantinya perusahaan mampu meningkatkan kinerjanya. CV. Mandiri Garmen merupakan perusahaan konveksi kecil yang memproduksi celana jeans berbahas dasar kain deni. Masalah yang dihadapai oleh perusahaan ini adalah perusahaan belum pernah melakukan pengukuran kinerja pada perusahaan, sehingga CV.Mandiri Garmen memerlukan suatu model pengukuran kinerja perusahaan dengan metode yang mecakup sekala aspek dalam perusahaan yang mampu menghasilkan pengukuran kinerja secara keseluruhan berdasarkan aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC). Tahap pertama yang dilakukan dalam merancang BSC, dilakukan pencjabaran visi , misi , tujuan dan strategi yang dilakukan terhadap faktor internal dan eksternal menggunakan analisa SWOT untuk memperoleh strategi – strategi yang nantinya menghasilkan tujuan strategis, dan diperoleh 8 tujuan strategis yang akan dimasukkan kedalam tiap – tiap perspektif yang terdapat pada metode BSC. Setelah itu dilakukan penentuan tolok ukur, target dan inisiatif strategi untuk tiap tujuaan strategisnya, lalu dilanjutkan pembuatan Peta Strategi (Strategy Maps) untuk menggambarkan keterkaitan antar tiap – tiap tujuan strategis. Penentuan skala penilaian pembobotan terhadap tujuan strategis yang saling terkait menggunakan metode Pairwise Comparison dilakukan sebelum melakukan pengukuran kinerja. Tahap yang terakhir adalah pengukuran kinerja dengan menghitung skor tiap perspektif dan perusahaan secara keseluruhan, dan diperoleh hasil pengukuran kinerja pada perspektif keuangan sebesar 3.60 dengan kategori “Baikâ€, perspektif Pelanggan sebesar 2.56 dengan kategori “Tidak Baikâ€, perspektif Bisnis Internal sebesar 3.00 dengan kategori “Cukup Baikâ€, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran sebesar 3.19 dengan kategori “Cukup Baik†dan pengukuran kinerja perusahaan adalah sebesar 3.09 Yang tergolong dalam kategori â€Cukup Baik†Dari skala 2.61 – 3.40 pada penilaian skala Likert
D evelopment of business in this era is very competitive, especially against the garment business, because the market tastes change - change, so that every company needs to undergo changes in competition, marketing, produkksi and management of the company, so the company should improve its performance in order to compete. The study was conducted with the aim of modeling and measuring the performance of companies so that later the company was able to see how the level of performance of the company during this time and be able to evaluate the results of its performance so that later the company was able to improve its performance. CV. Mandiri Garment is a small garment company that manufactures jeans fabric base. The problems faced by this company is the company has never been measurement of performance in the company, so CV.Mandiri garment requires a performance measurement system with a method mecakup enterprise-scale aspects of the company that is able to produce an overall performance measurement based on financial aspects, customer, internal business processes, and learning and growth using the Balanced Scorecard (BSC). The first phase is done in designing the BSC, do pencjabaran vision, mission, goals and strategies undertaken against internal and external factors using the SWOT analysis to derive a strategy - a strategy that will generate strategic objectives, and obtained eight strategic goals that will be added to each - each perspectives included in the BSC method. Once it is done benchmarking, targets and strategic initiatives for each strategic tujuaan, then resumed the manufacture of Map Strategy (Strategy Maps) to describe the relationship between each - each strategic goal. The determination of weighted grading scale of interrelated strategic objectives using the Pairwise Comparison method performed prior to performance measurement. The last stage is the measurement of performance to calculate the score of each perspective and the company as a whole, and the results of performance measurement in the financial perspective of 3.60 with the category of "Good", the perspective of customers at 2:56 with the category of "No Good", the perspective of Internal Business at 3:00 by category "Pretty Good" learning and growth perspective at 3:19 with the category "Pretty Good" and the measurement of company performance is at 3:09 belonging to the category of "Pretty Good" on a scale of 2.61 - 3.