DETAIL KOLEKSI

Perancangan model dan pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan metode balanced scorecard pada pt. rempoa indonesia teknologi


Oleh : Ryan Fernando

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Didien Suhardini

Pembimbing 2 : Tiena Gustina Amran

Kata Kunci : performance measurement, strategy, five force porter, value chain analysis, SWOT, balanced scorecard

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Lengkap

A BSTRAKNama : Ryan FernandoProgram Studi : Teknik IndustriJudul : Perancangan Model dan Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan menggunakan Metode Balanced Scorecard pada PT. Rempoa Indonesia Teknologi.PT . Rempoa Indonesia Teknologi adalah perusahaan swasta yang berdiri sejak 2021. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa teknologi produk digital yang memberikan solusi telekomunikasi. Perusahaan ini belum memiliki strategi yang dapat diukur keberhasilannya dan kesulitan dalam merumuskan strategi yang tepat serta belum mengidentifikasi KPI yangrelevan. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi dan alat ukur keberhasilan strategi perusahaan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard (BSC). Langkah awal dalam penelitian ini melakukan identifikasi dan analisis SWOT untuk merumuskan strategi.Selanjutnya, informasi dari visi, misi, dan strategi digunakan untuk merancang Balanced Scorecard yang diturunkan ke dalam 7 tujuan strategis pada 4 perspektif yang dilengkapi dengan KPI, target dan inisiatif strategi. Hasil pengukuran kinerja menggunakan BSC mendapatkan nilai sebesar 3.19, yang masuk kategori ”Cukup Baik”. Tujuan strategis yangbelum masuk kategori baik yang perlu diperbaiki adalah pada perspektif Pelanggan dan Pembelajaran dan pertumbuhan, memperoleh skor sebesar 2 pada tujuan strategis peningkatan loyalitas pelanggan, dan skor 1 pada tujuan strategis peningkatan kedisiplinan karyawan.Inisiatif strategi tersebut mendapatkan skor terendah dan memerlukan perbaikan dari perusahaan dengan cara meninjau kembali penentuan target dan inisiatif strategi pada masing – masing tujuan strategis, dengan menggunakan Fishbone diagram pada akar tujuan strategis yang paling rendah. Usulan perbaikan pada tujuan strategis peningkatan loyalitas pelanggan dengan cara membuat jadwal pemeliharaan preventif untuk peralatan, Adopsi praktik terbaik dan standarisasi prosedur pemasangan, Definisikan dan pantau indikator kinerja layanan (KPI).Usulan Perbaikan untuk peningkatan kedisiplinan karyawan adalah dengan cara meningkatkan peraturan dan kebijakan, melakukan sistem penghargaan dan sanksi, melakukan pengawasan dan penilaian kinerja karyawan.Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Strategi, Five Force Porter, Value Chain Analysis, SWOT, Balanced Scorecard

P T. Rempoa Indonesia Teknologi is a private company established in 2021. The company is engaged in digital product technology services that provide telecommunication solutions. The company does not yet have a strategy that can be measured for success and has difficulty formulating the right strategy and has not identified relevant KPIs. This research aims to formulate a strategy and measure the success of the company\\\'s strategy using the Balanced Scorecard (BSC) approach. The initial step in this research is to identify and analyze SWOT to formulate strategies. Furthermore, information from the vision, mission, and strategy is used to design a Balanced Scorecard which is derived into 7 strategic objectives in 4 perspectives equipped with KPIs, targets and strategic initiatives. The results of performance measurement using BSC received a score of 3.19, which is categorized as \\\"Good Enough\\\". Strategic objectives that have not yet entered the good category that need to be improved are in the Customer and Learning and growth perspectives, obtaining a score of 2 on the strategic goal of increasing customer loyalty, and a score of 1 on the strategic goal of increasing employee discipline. The strategic initiative gets the lowest score and requires improvement from the company by reviewing the determination of targets and strategic initiatives on each strategic objective, using the Fishbone diagram at the root of the lowest strategic objective. Proposed improvements to the strategic goal of Increasing Customer Loyalty by creating a preventive maintenance schedule for equipment, Adopt best practices and standardize installation procedures, Define and monitor service performance indicators (KPIs). Proposed improvements to improve employee discipline are by improving regulations and policies, conducting a system of rewards and sanctions, supervising and assessing employee performance

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?