DETAIL KOLEKSI

Rancangan strategi pada Kopi Mereka dengan pendekatan Model Kano dan Blue Ocean Strategy


Oleh : Fauzia Amanda Putri

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Tiena G Amran

Subyek : Strategic planning;Coffeehouses - Management

Kata Kunci : kano model, customer satisfaction index, four-step framework, blue ocean strategy (bos), landing pag

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_STI_063001600053_Halaman-Judul.pdf 13
2. 2020_TA_STI_063001600053_Lembar-Pengesahan.pdf 3
3. 2020_TA_STI_063001600053_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2020_TA_STI_063001600053_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TA_STI_063001600053_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2020_TA_STI_063001600053_Bab-4_Analisa-dan-Pembahasan.pdf
7. 2020_TA_STI_063001600053_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2020_TA_STI_063001600053_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2020_TA_STI_063001600053_Lampiran.pdf

P erkembangan bisnis kedai kopi pada Kopi Mereka menurun dikarenakan banyaknya para pendiri kedai kopi. Semakin banyak yang membuat kedai kopi maka tingkat persaingan yang tinggi, karena semakin banyak usaha yang sama bermunculan. Maka Kopi Mereka dituntut membuat strategi yang memberikan nilai lebih kepada pelanggan dengan biaya minimal. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan rancangan strategi yang tepat sesuai dengan kondisi lingkungan berdasarkan harapan konsumen. Metode yang digunakan ialah Model Kano untuk mengukur kepuasan pelanggan berdasarkan prioritas atribut dan dibandingkan dengan metode Customer Satisfaction Index untuk mengukur kepuasan pelangagn secara menyeluruh. Kemudian menggunakan metode Blue Ocean Strategy untuk menghasilkan rancangan strategi yang berdasarkan kepuasan pelanggan dari Model Kano. Dalam penelitian ini, Blue Ocean Strategy menciptakan ruang pasar baru dengan membuat kerangka kerja empat langkah dan pembuatan alternatif model bisnis. Memasarkan alternatif model bisnis dengan digital markeing yaitu landing page untuk melihat ketertarikan orang terhadap produk yang diciptkakan. Coffee shop atau kedai kopi selalu menjadi tempat favorit untuk bercengkrama. Pasar yang segmented ini perlu mengadaptasi strategi yang tepat untuk mengikuti potensi kenaikan bisnis kedai kopi yang meningkat. Hasil Penelitian adalah kepuasan pelanggan pada perhitungan Customer Satisfaction Index menghasilkan 3,128 yang berarti pelanggan “Cukup Puas” terha dap pelayanan dari Kopi Mereka dan kepuasan pelanggan dari Model Kano menghasilkan 7 atribut yang akan ditingkatkan dan masuk kedalam tahapan Blue Ocean Strategy dan mendapatkan hasil dengan menciptakan 3 produk, yaitu Kopi Langsing, Kopi Literan, dan Kopi Susu Stamina. Selain itu, konsep ini akan memberikan keuntungan bagi perusahaan, diantaranya meningkatkan jumlah pelanggan. Penelitian ini menghasilkan model bisnis yang layak untuk segmen pasar kopi dan divalidasi oleh Landing Page. Dihasilkan 101 orang yang merespon terhadap produk yang diciptakan dengan merancang website melalui Landing Page dan terdapat peningkatan jumlah pembeli setiap harinya setelah produk dikeluarkan.

T he development of the coffee shop business in Coffee They declined because of the many coffee shop founders. The more that make coffee shops, the higher the level of competition, because more and more of the same businesses emerge. So their coffee is required to create a strategy that provides added value to customers at minimal costs. The purpose of this study is to produce a strategic design that is appropriate to environmental conditions based on consumer expectations. The method used is the Kano Model to measure customer satisfaction based on priority attributes and compared with the Customer Satisfaction Index method to measure overall customer satisfaction. Then use the Blue Ocean Strategy method to produce a strategy design based on customer satisfaction from the Kano Model. In this research, the Blue Ocean Strategy creates a new market space with a four-step framework and creates an alternative business model. Marketing an alternative business model with digital marketing, namely landing pages to see people's interest in the product created. Coffee shops or coffee shops are always a favorite place to chat. This segmented market needs to adapt the right strategy to keep up with the increasing potential of the coffee shop business. The result of the research is that customer satisfaction in the calculation of the Customer Satisfaction Index results in 3,128 which means that the customer is "quite satisfied" with the service of their coffee and customer satisfaction from the Kano Model results in 7 attributes that will be improved and entered into the Blue Ocean Strategy stage and get results by creating 3 products, namely Slim Coffee, Literan Coffee, and Stamina Milk Coffee. In addition, this concept will provide benefits for the company, including increasing the number of customers. This study produces a viable business model for the coffee market segment and is validated by the landing page. Resulted in 101 people who responded to the product created on a website through the landing page and there was an increase in the number of buyers every day after the product was released.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?