Peningkatan pelayanan pasien kesehatan mata di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kirana dengan model kano dan value stream mapping
R umah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kirana merupakan rumah sakit pelayanan pasien kesehatan mata yang merupakan pasien pusat rujukan yang ada di Indonesia yang melayani pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) maupun pasien Non BPJS. Penilaian terhadap pelayanan pasien di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kirana mengalami penurunan pada pelayanan pasien BPJS. RSCM Kirana memiliki masalah dalam pelayanan pada saat pengambilan nomor antrian registrasi pendaftaran, selain itu pasien belum puas dengan beberapa pelayanan yang terdapat pada elemen seperti fasilitas, perawat, maupun dokter yang terjadi pada pelayanan pasien BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan usulan perbaikan atribut yang perlu ditingkatkan dengan menggunakan metode Kano Model dan Value Stream Mapping. Kano model menghasilkan atribut-atribut yang harus dikembangkan dan diperbaiki yang difokuskan pada kebutuhan pasien yaitu pada atribut aksesibilitas, fasilitas pelayanan rawat jalan, dan perawat dan staf administrasi sedangkan Value Stream Mapping menghasilkan waste yang terdapat dalam proses bisnis yang dilakukan, waste yang ditemukan yaitu pada saat pasien menunggu waktu pendaftaran dan menunggu poli. Usulan dengan penambahan fitur pada registrasi online dapat merampingkan waste yang terjadi pada saat pendaftaran dan usulan perbaikan meningkatkan fasilitas maupun non fasilitas manajemen pelayanan fasilitas RSCM Kirana.
C ipto Mangunkusumo Hospital (RSCM) Kirana is an ophthalmic patient care hospital which is a referral center patient in Indonesia that serves both the Social Security Administering Agency (BPJS) patients and Non BPJS patients. Assessment of patient services at Cipto Mangunkusumo Hospital (RSCM) Kirana has decreased in BPJS patient services. Kirana Hospital has problems in service when taking the registration queue number, besides that the patient is not satisfied with some of the services found in elements such as facilities, nurses, or doctors that occur in BPJS patient services. This study aims to obtain proposed improvements to attributes that need to be improved by using the Kano Model and Value Stream Mapping methods. Kano model produces attributes that must be developed and improved which are focused on the needs of patients, namely on the attributes of accessibility, outpatient service facilities, and nurses and administrative staff while Value Stream Mapping produces waste contained in the business processes carried out, the waste found is in when the patient waits for registration and waits for poly. Proposal with the addition of features in online registration can streamline the waste that occurs at the time of registration and proposed improvements to improve facilities and non-facility management services at Kirana RSCM facilities.