Perancangan video edukasi dengan format animasi 2d mengenai pengolahan sampah di masyarakat menjadi waste-to-energy
P ermasalahan mengenai sampah sudah bukan menjadi isu yang baru di tengah kehidupan masyarakat, terutama di negara Indonesia. Permasalahan terkait sampah masih menjadi hal yang perlu ditindaklanjuti dengan serius, mengingat segala macam bentuk ancaman yang muncul akibat dari pengelolaan sampah yang tidak terkontrol. Namun seringkali isu ini diabaikan seiring dengan perubahan dinamika sosial yang dapat mengubah pola pikir, trend, dan isu-isu lain yang lebih hangat diperbincangkan. Proyek penelitian ini dirancang untuk menyadarkan kembali masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang baik sebagai bentuk tindakan nyata untuk mengatasi isu sampah yang semakin memprihatinkan melalui sebuah video edukasi dengan format animasi 2D. Penelitian mengenai perancangan video edukasi ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan metode pengumpulan data secara studi literatur dan kuantitatif. Data penelitian sekunder digunakan dalam penelitian ini sebagai pendukung literatur, alat perbandingan, dan sumber analisis yang memperkaya serta memberikan konteks lebih luas pada penelitian, memungkinkan efisiensi riset, dan mengakses data yang sulit dikumpulkan secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animasi 2D merupakan salah satu media yang efektif dalam memberikan edukasi dan dapat digunakan untuk ranah yang lebih luas di masyarakat, memungkinkan perancangan video edukasi dengan format animasi 2D dalam memberikan dampak positif yang signifikan di masyarakat terkait pengelolaan sampah dengan metode waste-to-energy dan pembangunan berkelanjutan di masyarakat.
T he problem of waste is no longer a new issue in people\'s lives, especially in Indonesia. Problems related to waste are still something that needs to be taken seriously, considering all kinds of threats that arise as a result of uncontrolled waste management. However, this issue is often ignored along with changes in social dynamics which can change thought patterns, trends and other issues that are more hotly discussed. This research project is designed to make the public aware of the importance of good waste management as a form of concrete action to overcome the increasingly worrying waste issue through an educational video in 2D animation format. This research on educational video design uses qualitative-descriptive research methods with data collection methods using literature and quantitative studies. Secondary research data is used in this research as supporting literature, a comparative tool, and a source of analysis that enriches and provides a broader context for research, allows research efficiency, and accesses data that is difficult to collect directly. The research results show that 2D animation is an effective medium in providing education and can be used in a wider area in society, making it possible to design educational videos in 2D animation format to provide a significant positive impact on society regarding waste management using the waste-to method. -energy and sustainable development in society.