Pengaruh strategi perusahaan, persistensi laba, dan pengungkapan aspek ekonomi terhadap earnings response coefficient (ERC)
T ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi perusahaan, persistensi laba, dan pengungkapan aspek ekonomi terhadap earnings response coefficient (ERC) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data penelitian didapat dari laporan keuangan dan tahunan perusahaan pada situs Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan adalah 381 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara silmutan pada variabel strategi perusahaan, persistensi laba, dan pengungkapan aspek ekonomi terhadap earnings response coefficient. Secara parsial, variabel strategi perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap earnings response coefficient. Pengungkapan aspek ekonomi memiliki pengaruh negative terhadap earnings response coefficient, sedangkan persistensi laba tidak memiliki pengaruh terhadap earnings response coefficient.