Efektifitas penggunaan alat homogenizer pada kapal tanker milik PT. Pertamina (Persero) Perkapalan
K apal tanker merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut minyak mentah (crude oil) atau produk turunannya. Dalam beroperasi, kapal tanker menggunakan mesin diesel kecepatan rendah (putaran mesin kurang dan 200 rpm) dan membutuhkan bahan bakar khusus yang disebut Heavy Fuel Oil (HFO). HFO diproduksi melalui proses penyulingan crude oil pada kilang minyak dan merupakan produk sisa (residual oil) dan proses penyulingan tersebut. Untuk mengatasi harga HFO yang tinggi dibutuhkan perlakuan khusus untuk mengatasi konsumsi bahan bakar kapal khususnya kapal tanker. Salah satu alat yang berperan agar penggunaan HFO pada kapal menjadi lebih efisien adalah homogenizer. Penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat homogenizer pada kapal dan keuntungannya bagi perusahaan. Hasil dan perhitungan (pengolahan data) diperoleh hasil diantaranya ialah dengan penggunaan alat homogenizer ini diperoleh SFOC (Specific Fuel Oil Consumption) turun sebanyak 13,43 gr/kWh atau turun sebanyak 6,7%, bunker consumption berkurang sebanyak 0,88 Ton/hari atau berkurang sebanyak 6,7%, nilai NPV naik dan 92394 US$ menjadi 116166 US$ (naik sebesar 23772 US$ atau sebesar 20%), dan IRR naik dan 13% per bulan menjadi 15% per bulan (naik 2%). Berdasarkan hal-hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa alat homogenizer tersebut efektif digunakan pada kapal. Hal ini karena dengan digunakannya homogenizer pada kapal dapat mengurangi konsumsi bahan bakar. Dengan berkurangnya konsumsi bahan bakar pada kapal maka biaya operasional dapat ditekan sehingga nilai NPV dan IRR meningkat. Dengan meningkatnya nilai NPV dan IRR maka keuntungan bagi perusahaan pemilik kapal juga meningkat. Dengan demikian, investasi homogenizer ini memiliki efektifitas dan kelayakan (feasibility) yang baik untuk diterapkan pada kapal oleh perusahaan pemilik kapal yaitu PT. Pertamina (Persero) Perkapalan.
T anker is a ship used to transport crude oil (crude oil) or derivative products. In operation, tankers use low speed diesel engines (less engine speed and 200 rpm) and require a special fuel called Heavy Fuel Oil (HFO). HFO is produced through a process of refining crude oil in an oil refinery and is a residual oil and the distillation process. To overcome the high HFO price required special treatment to overcome the fuel consumption of ships, especially tankers. One tool that plays a role in the use of HFOs in ships to be more efficient is homogenizer. The study was conducted to determine the benefits of homogenizer on the vessel and its benefits for the company. Results and calculations (processing data) obtained results are the use of this homogenizer tool obtained by SFOC (Specific Fuel Oil Consumption) decreased by 13.43 gr / kWh or decreased by 6.7%, bunker consumption decreased by 0.88 Ton / day Or decreased by 6.7%, NPV value rose and 92394 US $ to 116166 US $ (up by 23772 US $ or 20%), and IRR rose and 13% per month to 15% per month (up 2%). Based on these things it can be concluded that the homogenizer tool is effectively used on the ship. This is because with the use of homogenizer on the ship can reduce fuel consumption. With reduced fuel consumption on the vessel, operational costs can be reduced so that the NPV and IRR values increase. With the increasing value of NPV and IRR, the profits for the ship owner companies are also increasing. Thus, this homogenizer investment has the effectiveness and feasibility (feasibility) is good to be applied to the ship by the ship owner company that is PT. Pertamina (Persero) Shipping.