Hubungan antara motivasi dengan kepercayaan diri pada pemakai alat ortodonti dalam tinjauan psikologi : Penelitian pada mahasiswa-mahasiswi Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Universitas Trisakti pemakai alat ortodonti
M otivasi merupakan kondisi psikologis yang menimbulkan, mengarahkan dan men pertahankan tingkah laku tertentu. Percaya diri merupakan keyakinan untuk melakukan sesuatu pada diri subjek sebagai karakteristik pribadi yang di dalamnya terd1pat keyakinan akan kemampuan diri, optimis, objektif, bertanggung jawab, ra 1onal, dan realistis. Ortodonti merupakan ilmu yang membetulkan letak gigi. Pe t'litian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan kepLrcayaan diri pada pemakai alat ortodonti dalam tinjauan psikologi. Jenis penl.'litian ini adalah penelitian observasional dengan populasi mahasiswa-mahasiswi Fal-1.ltas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Universitas Trisakti yang memakai alat ortodonti. Data diperoleh dengan alat berupa kuesioner yang diproses dengan skala Lih rt. Pengujian data menggunakan seri program computer SPS versi 15.00 dengan uj1 korelasi Pearson's Product Moment. Kuesioner pertama disebarkan kepada 30 re,ponden untuk melakukan uji validitas dan hasil yang diperoleh adalah dari 40 pernyataan motivasi didapatkan 19 pernyataan valid dengan nilai koefisien relasi antara 0,261 - 0,682 dan dari 40 pernyataan percaya diri didapat 26 pernyataan valid den an nilai koefisien relasi antara 0,277 - 0,628. Dari uji reliabilitas, didapatkan ni a alpha (a.)=0,679 untuk pemyataan motivasi dan nilai alpha (a.)=0,754 untuk pernyataan percaya diri yang menunjukan bahwa kuesioner tergolong handal. Uji ar:-iisa data dilakukan pada kuesioner kedua dengan menggunakan uji korelasi Pe,11son pada 100 responden dengan 19 pemyataan motivasi dan 26 pernyataan ptrl"aya diri. Berdasarkan uji tersebut, didapatkan hubungan positif antara motivasida1' percaya diri pada pemakai alat ortodonti dengan korelasi pearson = 0,381
M otivation is a psychological condition that causes, directs and maintains certain behavior. Self-confidence is the belief to do something about the subject himself as a personal characteristic in which there is confidence in his abilities, optimistic, objective, responsible, rational, and realistic. Orthodontics is the science that corrects the position of teeth. This study aims to determine the relationship between motivation and self-confidence in orthodontic appliance users in a psychological review. This type of research is an observational study with a population of students from the Faculty of Medicine and Dentistry, Trisakti University who wear orthodontic appliances. The data was obtained by means of a questionnaire which was processed with a scale cf. rt. Testing the data using the SPS version 15.00 computer program series with the Pearson's Product Moment correlation test. The first questionnaire was distributed to 30 respondents to test the validity and the results obtained were from 40 motivational statements obtained 19 valid statements with a correlation coefficient between 0.261 - 0.682 and from 40 confident statements obtained 26 valid statements with a relation coefficient value between 0.277 - 0.628. From the reliability test, it was found that ni a alpha (a.) = 0.679 for motivational statements and alpha (a.) = 0.754 for self-confidence statements which indicate that the questionnaire is reliable. The ar:-data test was carried out on the second questionnaire using the Pe, 11son correlation test on 100 respondents with 19 motivational statements and 26 self-efficacy statements. Based on this test, there was a positive relationship between motivationda1' confidence in orthodontic appliance users with Pearson correlation = 0.381