Analisis perencanaan fender pada pelabuhan Patimban
P elabuhan menjadi sarana dari sebuah moda transportasi yang memiliki berbagai macam bagian didalamnya. Dimana salah satu bagian terpenting dalam Pelabuhan atau dermaga yaitu Fender. Patimban merupakan suatu daerah di Jawa Barat, kabupaten Subang, Kecamatan Pusakanagara. Lokasi Pelabuhan Patimban berbatasan langsung dengan utara pesisir pantai utara memudahkan untuk transortasi laut. Fender dalam sebuah dermaga pelabuhan merupakan sebuah alat yang digunakan sebagai perantara gaya serap yang diakibatkan dari benturan sebuah kapal yang akan bersandar pada dermaga tersebut. Pada perencanaan fender dermaga kapal peti kemas dan kapal ro-ro dengan kapasitas masing-masing (maksimum 165000 DWT dan 10000 DWT). Hasil analisa perhitungan dari energi benturan ini mendapatkan hasil 3090,510 ton m untuk kapal peti kemas dan 141,459 ton m untuk kapal ro-ro. dari 2 percobaan tersebut yaitu, Fender Type V1300H dan Fender SPC 1300, karena lebih efisien dan kuat, maka yang digunakan pada dermaga Peti Kemas di Pelabuhan Patimban adalah Fender SPC 1300. Sedangakan pada Fender type V 1000H dan fender SPC 1100, yang digunakan adalah fender SPC 1100. Jarak antar fender pada dermaga kapal peti kemas 19,809 m dan dermaga kapal ro-ro 12,022. masing-masing fender dipasang vertikal pada sisi depan dermaga.
T he port ia a way of transportation that consists of several components. The fender is one of the most significant features of the port or dock. Patimban is a town in West Java's Pusakanagara District, in the Subang Regency. Patimban Harbor is located directly near to the north coast of Australia, making sea transit convenient. A fender on a port pier is a tool that serves as an intermediate for the absorption force caused by a ship colliding with the pier and learnig on it. The Fender Dock was designed for container ships and ro-ro ships of variouse capacities (maximum 165000 DWT and 10000 DWT). The findings or the impact energy calculation research yielded 3090,510 tons m for container ships and 141,459 tons m for ro-ro ships. Because the fender Type V 1300H and fender SPC 1300 are more efficient and sturdy, the fender SPC 1100. The distance between the fenders on the container ship dock and the ro-ro ship dock is 19,809 m and 12,022 m, respectively. Each fender is vertically fixed on the pier's front side.