Analisis geometri jalan tambang batu andesit untuk meningkatkan produktivitas alat angkut di PT Lotus SG Lestari
T . Lotus SG Lestari merupakan perusahaan yang berjalan di sektorpertambangan bahan galian industri, yaitu andesit, dalam melakukan aktivitaspenambangan, geometri jalan harus diperhatikan dalam aktivitas pengangkutandimana semakin baik geometri jalan angkut maka semakin meningkatproduktivitas alat angkut dalam pengangkutan andesit, geometri jalan yangberpengaruh pada produktivitas alat angkut salah satunya adalah kemiringanjalan, dimana pada kondisi jalan aktual di PT Lotus dilakukan pengamatanterhadap dua jalan yaitu jalan A-A’ dan jalan B-B’, untuk nilai kemiringankondisi aktual pada jalan A-A’ segmen ST-4 melebihi dari standar ketetepatanyaitu sebesar 14%, sehingga hal ini berpengaruh pada waktu tempuh alat angkutdan akan menurunkan produktivitas alat angkut, setelah dilakukan perhitunganteoritis didapatkan nilai produktivitas aktual sebesar pada jalan B-B’ sebesar148,22 Bcm/jam dan jalan A-A’ 162,69 Bcm/ton, namun setelah dilakukanyasimulasi grade jalan dengan batas kemiringan sebsar 8% pada beberapa segmenproduktivitas kedua jalan tersebut menjadi meningkat yaitu pada jalan A-A’sebesar 257,76 Bcm/jam dan jalan B-B’ sebesar 194,28 Bcm/jam.
P T. Lotus SG Lestari is a company that runs in the mining sector of industrialminerals, namely andesite, in carrying out mining activities, road gemotri must beconsidered in transportation activities where the better the geometry of the haulroad, the more the productivity of the conveyance in the transportation ofandesite, road geometry that affects the productivity of the conveyance one ofwhich is the slope of the road, where the actual road conditions at PT Lotus wereobserved on two roads, namely road A-A 'and road B-B', for the actual conditionslope value on the A-A 'road ST-4 segment exceeds the standard accuracy of 14%,so this affects the travel time of the conveyance and will reduce the productivity ofthe conveyance, after the theoretical calculation, the actual productivity value isobtained on the B-B 'road of 148, 22 Bcm / hour and road A-A '162.69 Bcm / ton,but after simulating the road grade with a slope limit of 8% on several segmentsthe productivity of the two roads has increased, namely on road A-A 'of 257 Bcm/hour and road B-B 'of 194,28 Bcm / hour