Hubungan antara tingkat stres akademik terhadap kejadian obesitas pada siswa SMA Kelas XII di masa pandemi Covid-19
O besitas merupakan tidak seimbangnya asupan energi yang masuk dengan asupan energi yang dikeluarkan tubuh. Salah satu faktor penyebab timbulnya kejadian obesitas yaitu faktor stres. Pada bulan maret 2020, WHO menyatakan bahwa covid-19 menjadi pandemi yang berdampak kepada siswa dalam proses belajar karena diberlakukannya pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring ini dapat menyebabkan siswa menjadi stres khususnya dibidang akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres akademik terhadap kejadian obesitas pada siswa kelas xii SMA di masa pandemi covid-19.Penelitian ini menggunakan metode desktiptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Pengumpulan data melalui pengisian Kuesioner Tingkat Stres dalam Mengikuti Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 dan penilaian Body Mass Index (BMI) pada subjek. Sampel pada penelitian ini adalah 168 subjek yang dipilih dengan teknik Consecutive Non-random Sampling. Analisis hasil penelitian menggunakan metode Chi-square.Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tingkat stres akademik dengan kejadian obesitas (p=0,016; p<0,05). Dari hasil penelitian didapatkan responden yang memiliki tingkat stres akademik rendah (20,8%), stres akademik sedang (44%) dan stres akademik tinggi (35,1%). Sedangkan responden tidak obesitas (69,6%) lebih banyak dibanding responden obesitas (30%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara Tingkat Stres Akademik terhadap Kejadian Obesitas
O besity is an unbalanced intake of energy that enters with the intake of energy released by the body. One of the factors causing the incidence of obesity is the stress factor. In March 2020, WHO stated that COVID-19 became a pandemic that impacted students in the learning process due to the implementation of online learning. This online learning can cause students to become stressed, especially in the academic field. The purpose of this study was to determine the relationship between academic stress levels and the incidence of obesity in grade xii high school students during the COVID-19 pandemic.This study uses descriptive analytical methods with a cross-sectional approach. Data collection through filling out the Stress Level Questionnaire in Following Online Learning during the Covid-19 Pandemic and the assessment of the Body Mass Index (BMI) on the subject. The sample in this study was 168 subjects selected with a Consecutive Non-random Sampling. Analysis of research results using the Chi-square method.The results showed an association between academic stress levels and the incidence of obesity (p = 0.016; p<0.05). From the results of the study, respondents who had low levels of academic stress (20.8%), moderate academic stress (44%) and high academic stress (35.1%). Meanwhile, respondents were not obese (69.6%) more than obese respondents (30%). There is a meaningful relationship between Academic Stress Levels and the Incidence of Obesity.