Anteseden keputusan pembelian produk hijau
P enelitian ini mengembangkan kerangka penelitian konseptual untuk mengetahui faktor-faktor yang mencerminkan atau mendorong konsumen untuk mengambil keputusan pembelian green product. Penelitian ini mengkaji apakah kesadaran lingkungan, label ramah lingkungan, sikap, dan harga dapat mempengaruhi konsumen dalam memutuskan membeli produk ramah lingkungan. Selanjutnya, pendekatan kuantitatif dengan kuesioner digunakan untuk pengumpulan data, dan sebanyak 200 konsumen berpartisipasi sebagai responden. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan kriteria sampel yaitu konsumen yang telah membeli green product dalam 1 tahun terakhir. Temuan dan hasil penelitian menunjukkan: Ada pengaruh positif dan signifikan antara kesadaran lingkungan, sikap, dan harga terhadap keputusan pembelian green product, sedangkan eco-labeling dan green advertising tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. . Saran yang diberikan adalah pertama-tama perluas pengetahuan konsumen tentang pentingnya membeli produk ramah lingkungan, dan memastikan kualitas dari proses manufaktur hingga proses produksi aman bagi lingkungan dan harga mengikuti kualitas produk ramah lingkungan.
T his study develops a conceptual research framework to determine the factors that reflect or encourage consumers to make green product purchasing decisions. This study examines whether environmental awareness, eco-friendly labels, attitudes, and prices can influence consumers in deciding to buy environmentally friendly products. Furthermore, a quantitative approach with a questionnaire was used for data collection, and a total of 200 consumers participated as respondents. The purposive sampling technique is used to determine the sample criteria, namely consumers who have purchased green products in the last 1 year. The findings and results of the study show: There is a positive and significant influence between environmental consciousness, attitude, and price on green product purchasing decisions, while eco-labeling and green advertising do not have a positive and have not significant influence on purchasing decisions. The advice given is to first expand consumer knowledge about the importance of buying environmentally friendly products, and ensure the quality from the manufacturing process to the production process is safe for the environment and the price follows the quality of environmentally friendly products.