Analisis pengaruh leverage, dividen pay out ratio, earning growth dan size terhadap price earning ratio pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta
P enulisan ini bertujuan untuk melihat pengaruh leverage, dividend payout ratio, earning growth dan size terhadap price earning ratio. Penelitian dilakukan terhadap 26 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan memiliki data-data lengkap yang diperlukan didalam penelitian, berupa laporan keuangan perusahaan-perusahaan per 31 Desember setiap tahunnya dari periode 2002-2004. Metode penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif, yang dalam pengolahan datanya menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keempat faktor independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap price earning ratio. Tetapi secara parsial hanya variabel dividend payout ratio dan variabel size yang berpengaruh terhadap prize earning ratio. Berdasarkan hasil penelitian, maka pengamatan atas faktor-faktor fundamental perusahaan sebelum melakukan investasi akan bermanfaat bagi investor dan perusahaan.