Perancangan media promosi Pasar Antik Jalan Surabaya
P enulisan ini dilatarbelakangi oleh keresahan penulis mengenai kurangnya perhatian pemerintah kota DKI Jakarta terhadap Pasar Antik Jalan Surabaya yang tidak memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh pasar ini. Pentingnya perancangan media promosi ini didasarkan atas pentingnya menjaga dan melestarikan destinasi wisata kota yang sebenarnya memilki potensi yang sangat besar bagi masyarkat kota DKI Jakarta dan sebagai apresiasi para pedagang yang sudah puluhan tahun menjaga kios-kiosnya. Melalui penulisan ini, pemecahan masalah dilakukan dengan metode pengumpulan data melalui berbagia sumber, kunjungan ke pasar antik, wawancara dengan pedagang dan pengelola pasar serta konsultasi dengan para dosen pembimbing. Penulisan yang dibuat ini bertujuan untuk memecahkan masalah yang ada yaitu untuk merancang media promosi yang baik lewat media digital yang dirasa mampu untuk mengangkat kembali pamor dan potensi Pasar Antik Jalan Surabaya seperti masa kejayaannya dulu.
T his writing was motivated by the writer's uneasiness regarding the lack ofattention of the city government of DKI Jakarta to the Jalan Surabaya AntiqueMarket which did not maximize the potential of the only antique market inJakarta. The importance of designing this promotional media is based on theimportance of maintaining and preserving city tourism destinations whichactually have enormous potential for the city of DKI Jakarta and as anappreciation of the traders who have been guarding the stalls for decades.Through this writing, problem solving is done by data collection methods throughvarious sources, visits to antique markets, interviews with traders and marketmanagers and guidance with supervisors. This writing is intended to solve theexisting problems, namely to design a good promotional media through digitalmedia which is considered able to revive the prestige and potential of JalanSurabaya Antique Market like its glory days.