Penerapan manajemen pemasaran praktek dokter gigi dalam menghadapi era globalisasi (studi pustaka)
P erdagangan bebas antar Negara di era globalisasi ini mengakibatkan terjadinya pertukaran produk dalam bentuk barang dan jasa antar negara tetangga. Dalam hal jasa, pertukaran ini mengakibatkan meningkatnya tenaga kerja asing dengan berbagai macam profesi yang masuk ke Indonesia. Salah satu profesi yang termasuk didalamnya adalah profesi dokter gigi. Ini akan mengakibatkan semakin padatnya lahan kerja dan semakin ketatnya persaingan bagi dokter gigi. Untuk menghadapi hal ini dokter gigi harus memiliki strategi sehingga dapat tetap bertahan didalam era globalisasi ini. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk menghadapi era globalisasi ini adalah dengan menerapkan suatu bentuk pemasaran jasa. Pemasaran dalam praktek dokter gigi tidak jauh berbeda dengan pemasaran produk di bidang lainnya, perbedaannya hanya terletak pada pelaku yaitu dokter gigi sebagai produsen dan pasien sebagai konsumen serta komuditas yang dipasarkan yaitu jasa pelayanan kesehatan gigi. Suatu pemasaran yang baik, sangat berhubungan erat dengan bagaimana cara memasarkan produk itu sendiri. Untuk itu diperlukan suatu manajemen pemasaran yang didalamnya terdapat proses menganalisis, merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan pertukaran barang dan jasa antara penjual dan pembeli. Dengan menerapkan manajemen pemasaran dalam praktek dokter gigi ini, diharapkan dokter gigi dapat menganalisa, merencanakan, mengendalikan serta melaksanakan jasa pelayanan kesehatan gigi yang lebih baik dan efektif dalam rangka menyambut era globalisasi.