Anteseden dari purchase intention pada food delivery application di Jakarta
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli pada aplikasi pengantar makanan. Pada penelitian ini niat beli dipengaruhi oleh 6 faktor, terdiri dari nilai harga, kesadaran kesehatan, kepedulian keamanan makanan, nilai prestise, nilai keterjangkauan, dan visibilitas. Penelitian ini menggunakan data cross sectional karena data diambil hanya dalam kurun waktu dan periode yang telah ditentukan. Sampel yang digunakan sebanyak 200 responden yang telah menggunakan aplikasi pengantar makanan seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood minimal 1 kali dalam sebulan terakhir. Karakteristik responden dalam penelitian ini meliputi jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, pekerjaan, dan pendapatan perbulan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang diperoleh melalui kuesioner online. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah non probability samping dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan program AMOS 23.Peneliti menggunakan skala likert pada penelitian dengan skor yang dialokasikan dari 1 hingga 5 untuk menunjukkan jawaban dari ''sangat tidak setuju'' hingga ''sangat setuju', Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai harga, nilai prestise, dan nilai keterjangkauan memiliki pengaruh positif terhadap niat beli. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi manajer pemasaran aplikasi pengantar makanan agar dapat mempertimbangkan faktor-faktor diatas, diharapkan dengan baiknya nilai harga meningkatkan niat beli dan mengurangi persepsi buruk konsumen. Diharapkan juga meningkatkan nilai prestise agar dapat menjadi pengaruh positif bagi konsumen dan lingkungan. Memperhatikan alternatif seperti diskon agar konsumen dapat mencapai keterjangkauan harga yang diberikan oleh aplikasi. Meningkatkan visibilitas agar informasi lebih mudah didapat dan menyebar luas kepada konsumen sehingga dapat mencapai efisiensi dalam pemasaran. Sedangkan dari segi kesehatan, manajer aplikasi pengantaran makanan harus memberikan kebijakan dan menyesuaikan keadaan antara lain memperhatikan makanan yang tersedia pada restoran agar kualitas dan keamanan harus terjaga dan tidak melanggar peraturan.
T his study aims to analyze the factors that influence purchase intention in food delivery applications. In this study, purchase intention was influenced by 6 factors, consisting of price value, health awareness, food safety concern, prestige value, affordability value, and visibility. This study uses cross-sectional data because the data is taken only within a predetermined period of time. The sample used was 200 respondents who had used food delivery applications such as GoFood, GrabFood and ShopeeFood at least once in the last month. Characteristics of respondents in this study include gender, age, last education, occupation, and monthly income. This study used a quantitative method obtained through an online questionnaire. The sampling method used is non-probability side with purposive sampling technique. The data analysis method uses the Structural Equation Model (SEM) method with the AMOS 23 program. Researchers use a Likert scale in research with scores allocated from 1 to 5 to indicate answers from ''strongly disagree'' to ''strongly agree''. Results research shows that price value, prestige value, and affordability value have a positive influence on purchase intention. The findings of this study are expected to be a reference for food delivery application marketing managers so they can consider the factors above, it is hoped that a good price value increases purchase intention and reduces consumer bad perceptions. It is also hoped that it will increase the prestige value so that it can become a positive influence on consumers and the environment. Pay attention to alternatives such as discounts so that consumers can achieve the affordability of the prices provided by the application. Increase visibility so that information is more easily obtained and widely disseminated to consumers so as to achieve efficiency in marketing. Meanwhile, from a health point of view, food delivery application managers must provide policies and adjust conditions, including paying attention to food available at restaurants so that quality and safety must be maintained and not breaking regulations.