Perancangan kampanye video edukasi jaga terumbu karang (jateka) indonesia
S ebagai negara kepulauan di wilayah tropis dengan sumber daya alam yang berlimpah, Indonesia mempunyai wilayah terumbu karang yang luas. Namun, masih banyak terumbu karang Indonesia yang kondisinya buruk. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga terumbu karang. Kegiatan ini dapat berupa kampanye edukasi yang dilakukan untuk menyampaikan pesan-pesan edukasi kepada masyarakat dengan cara yang menarik dan efektif. Kampanye edukasi memanfaatkan berbagai media kreatif di antaranya dalam bentuk video. Perancangan kampanye video edukasi Jaga Terumbu Karang (JATEKA) Indonesia merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam perancangan ini bersumber dari data yang dikumpulkan dengan studi literatur yang bersumber dari jurnal, buku, dan artikel di internet, dan juga data yang dikumpulkan melalui jawaban kuesioner. Tujuan perancangan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kondisi ekosistem terumbu karang di Indonesia melalui kampanye dengan media utama berupa video edukasi yang dikemas dengan menarik dan dapat mudah dimengerti yang dapat menjadi dorongan untuk masyarakat agar lebih peduli terhadap ekosistem laut dan terumbu karang di Indonesia.
A s an archipelagic country in a tropical region with abundant natural resources, Indonesia has a large coral reefs area. However, many Indonesia’s coral reefs are still in poor condition. Therefore, there is a need for activities to increase public awareness of the importance of protecting and preserving coral reefs. This activity can take the form of an educational campaign carried out to convey educational messages to the public in an interesting and effective way. The educational campaign utilizes various creative media, including video. The design of the educational video campaign of preserving Indonesia\'s coral reefs (JATEKA) was qualitative descriptive research. The data in this design comes from data collected through literature studies sourced from journals, books and articles on the internet, and also data collected through questionnaire answers. The aim of this design is to increase public awareness of the condition of the coral reefs ecosystem in Indonesia through a campaign with the main media in the form of educational videos packaged in an interesting and easy to understand manner which can be an encouragement for the public to care more about the marine ecosystems and coral reefs in Indonesia.