Analisa perancangan dan implementasi sistem perangkat ajar Bahasa Inggris untuk anak tk berbasiskan multimedia
B ahasa Inggris m erupakan bahasa resmi dalam dunia internasional untuk menjadi a lat kom unikasi . Jelas sekali bahwa Bahasa lnggris san gat diperlukan sehingga pentin g bagi setiap oran g untuk menguasai Bahasa Inggris. Pengenalan Bahasa Inggris akan lebih ba ik bi la dilakukan sejak usia dini walaupun h anya berbentuk kata-kata tunggal , namun itu akan membuat anak terbiasa mendengar dan mengunakan Bahasa Inggris. Hal ini mendorong penulis untuk membuat perangkat ajar berbasis multimedia yang dapat membantu murid untuk mengenal kata-kata dalam Bahasa lnggris.Sistem perangkat aj ar ini memberikan kemudahan dalam ran cangan layar ya n gdisesuaik an untuk dapat digunakan dan dimengerti oleh murid TK dibawah bimbingan dan pengawasan dari pendamping . Perangkat ajar ini juga diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar Bahasa Inggris bagi para murid di masa yang akan datang.Sistem ya ng implemetasinya menggunakan Visual Basic 6.0, Macromedia Flash dan Microsoft Access sebagai databasenya, diharapkan dapat m emberikan tampilan yang bagus dan menarik bag i pengguna , se11a kemud ahan dalam men golah data .Hasil yan g diperoleh setelah mengerjakan si stem ini adalah sebuah programpembelajaran Bahasa Inggris un tuk anak TK yang disertai latihan , permainan dan laguyang dapat didengarkan .
E nglish is a formal langua ge in the internationa l world wide as one of communication languages. It is obvious English is reall y needed and important for every person to master English . The Improvement of English is very efficient if it has been practiced since the earlier age of a child, even though it is only a word , but it will make the child feels comfortable in listening and using English . This encouraged the writer to make an English Computer Assisted Instruction based on multimedi a to help the student in learn i n g English .The Engl ish Computer Assisted Instruction is giving an easy and simple interface that h as matched to be able to use and to understand by kindergarten children under the guidance from the teacher. This Computer Assisted Instruction was expected to grow the passion of learnin g English for the Children .The implementation were using Visual Basic 6.0, Macromedia Flash and Microsoft Access as the database, it is highly expected will give a nice and interested interface for the user, also an easy way in maintainin g the data for the administrator .Result that has been got after finished doing this system was a program to learn English for Kindergarten Children which has exercises. games and songs that can be li sten .