Perancangan buku interaktif anak sebagai media pembelajaran rambu lalu lintas
H ingga ini kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pengguna jalan merupakan salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang banyak terjadi di Indonesia. Salah satu faktor kelalaian pengguna jalan contohnya adalah tidak mematuhi rambu lalu lintas. Tentunya faktor tersebut akan berkurang jika sejak anak – anak tertanam daya literasi yang baik bagi masyarakat Indonesia. Karena mayoritas masyarakat Indonesia menganggap hal yang harusnya penting dengan pandangan sebelah mata. Padahal jika menanamkan pengetahuan rambu lalu lintas sejak anak – anak maka pengetahuan tersebut tidak akan hilang sampai saat mereka menjadi salah satu pengguna kendaraan di jalan raya. Oleh karena itu, penulis memberikan sebuah solusi dari meningkatkan daya literasi anak tentang pembelajaran rambu lalu lintas dengan cara yang menyenangkan.Perancangan buku interaktif anak sebagai media pembelajaran rambu lalu lintas yang menyenangkan ini dapat diaplikasikan dari pengajar atau orang tua kepada anak nya sebagai media pembelajaran atau jembatan edukasi untuk anak dengan cara yang menarik dan tidak membosankan bagi anak – anak. Perancangan buku ini dikemas dengan pendekatan buku pop-up dan board games yang mencantumkan pesan – pesan edukatif yang mudah dipahami oleh target sasaran perancangan ini.
U ntil now traffic accidents due to negligence of road users are one of the causes of many traffic accidents that occur in Indonesia. One of the negligence factors of road users, for example, is not obeying traffic signs. Of course, these factors will be reduced if since childhood they are inculcated with good literacy skills for the people of Indonesia. Because the majority of Indonesian people consider things that should be important with one eye. In fact, if children instill knowledge of traffic signs since childhood, this knowledge will not be lost until they become a vehicle user on the highway. Therefore, the author provides a solution for increasing children\\\'s literacy about learning traffic signs in a fun way.The design of interactive children\\\'s books as learning media for fun traffic signs can be applied from teachers or parents to their children as learning media or educational bridges for children in an interesting and not boring way for children. The design of this book is packaged with a pop-up book approach and board games which include educational messages that are easily understood by the target audience for this design.