Pengaruh moderasi kepribadian (big five personality) terhadap hubungan akuisisi informasi dan perilaku perdagangan saham pada investor muda di Indonesia
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak frekuensi akuisisi informasi pada frekuensi perdagangan saham yang dimoderasikan oleh Kepribadian (Big Five Personality). Data diperoleh langsung melalui penyebaran kuesioner kepada 304 responden yaitu investor muda (berusia 21 sampai 30 tahun) di Indonesia. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengujian Hipotesis. Metode analisis yang digunkanan dalam penelitian ini Ordinal Logistic Regresion dengan menggunakan program SPSS.Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan pada akuisisi informasi dan perilaku perdagangan saham, Investor yang tergolong Openness & Neuroticism akan memperlemah hubungan kedua variabel tersebut, sedangkan Conscientiousness, Extraversion dan Agreeableness akan memperkuat hubungan kedua variabel tersebut. Penelitian ini dapat digunakan investor muda dalam membuat keputusan investasi atau keuangan yang sesuai dengan karakteristik kepribadian mereka. Bagi konsultan keuangan penelitian ini dapat digunakan dalam mengidentifikasi karakteristik kepribadian investor agar konsultan dapat menyarankan alternatif investasi yang lebih tepat untuk kliennya.
P urpose of this study was to investigate the impact of the frequency of information acquisition on the frequency of stock trading. The authors also examined if the Big Five personality traits of investor influence the association between information acquisition and stock trading behavior. Data obtained directly by distributing questionnaires to 304 respondents ie young investors (aged 21 to 30 years) in Indonesia. The research design used in this study is hypothesis testing. The analytical method used in this research is Ordinal Logistic Regresion using SPSS program.The results of this study were that there is a positive relationship between information acquisition and trading behavior. Investors belonging to Openness & Neuroticism will weaken the relationship of both variables, while Conscientiousness, Extraversion and Agreeableness will strengthen the relationship of both variables.This research can be used by young investors in making investment or financial decisions that match their personality characteristics. For financial consultants this research can be used in identifying the characteristics of the investor's personality so that the consultant can suggest a more appropriate investment alternative for his client.