Analisis pengendalian internal terhadap siklus pendapatan PT. Suka Sukses Sejati
L aporan magang ini disusun sebagai hasil akhir dari kegiatan pemagangan yang dilaksanankan guna memenuhi sebagai syarat-syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi. Kegiatan magang yang diselengarakan oleh Universitas Trisakti ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia kerja dan membandingkan serta mempraktikkan teori-teori yang diperoleh selama bangku kuliah. Proses magang sendiri berjalan selama empat bulan dan bertempat di PT. Suka Sukses Sejati pada bagian penjualan dan distribusi (S&D). Kegiatan selama magang meliputi pembuatan laporan dan pengecekan klaim yang berhubungan dengan penjualan dan distribusi. Laporan penjualan dan distribusi kemudian dievaluasi untuk melihat apakah terdapat kekurangan dalam hal tersebut dan bagaimana penyelesaian dari kekurangan tersebut. Kelemahan terdapat pada saat penagihan piutang kepada klien yang sering tidak tertagih akibat kejadian – kejadian yang tidak dapat diperkirakan, misalnya klien mengalami kebangkrutan dan lemahnya pengawasan gudang. Sedangkan kelebihannya yaitu adanya evaluasi mengenai strategi dan tujuan perusahaan yang menjaga perusahaan tetap pada jalurnya.
T his internship report is made as the end result of internship program that was conducted in order to fulfill partial requirements of economic faculty bachelor degree award. The internship program, which is presented by Trisakti University, is aimed to give the chance for university student to have working experience as well as implement and practice the theories that have been taught. This internship was conducted for four months in PT. Suka Sukses Sejati in sales & distribution division. During the internship program, the main activity includes reporting and rechecking all claims that have any relation with sales & distribution process. The reports itself is evaluated to determine if there are any weaknesses and how to solve it. Weaknesses on this activity are the failure of billing receivable from clients due to events that can not be predicted, for example, the client went bankrupt. While the advantages of this is the evaluation of the strategy and objectives of the company are keeping the company remains on the track.