Sistem pengendalian intern dalam penggabungan laporan realisasi anggaran belanja pada kementerian perdagangan RI
P enulisan laporan magang ini bertujuan untuk memenuhi salah satu persyaratan menyelesaikan pendidikan program sarjana (S1). Laporan magang ini juga bertujuan untuk mengetahui mekanisme penggabungan Laporan Realisasi Anggaran Belanja pada Kementerian Perdagangan RI, khususnya untuk mengetahui sistem pengendalian dalam penggabungan Laporan Realisasi Anggaran Belanja pada Kementerian Perdagangan RI. Mata kuliah yang sekiranya dapat mendukung penulisan laporan magang ini adalah pemeriksaan akuntansi. Kegiatan magang dilaksanakan di Kementerian Perdagangan RI selama 4 bulan dimulai dari 12 September 2011 sampai dengan 12 Januari 2012. Adapun kegiatan yang dilakukan selama magang antara lain mempelajari dan memahami SAI, aplikasi sistem akuntansi tingkat satuan kerja dan wilayah, aplikasi kegiatan penggabungan Laporan Realisasi Anggaran Belanja Kementerian Perdagangan RI, serta kegiatan-kegiatan lain yang terkait dengan bidang kerja di bagian akuntansi. Berdasarkan hasil kegiatan magang yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan penggabungan Laporan Realisasi Anggaran Belanja di Kementerian Perdagangan RI telah diterapkan sistem pengendalian intern yang baik yang telah sesuai dengan aturan yang berlaku serta teori yang ada.
T he aim of writing this internship report is to complete one of the requirements needed for award of Bachelor of Economics Degree. This internship reports is also almed to find out the mechanism of combining reports on the realization of the Budget Expenditure in Kementerian Perdagangan RI, especially for the control system in the realization of merger reports in the Budget Expenditure Kementerian Perdagangan RI. Subjects that are able to support the writing of this report is auditing. The internship program was conducted at Kementerian Perdagangan RI, for 4 months starting from September 12th 2011 until January 12th 2012. During the internship period, the activities I did, is to learn and understand SAI, the application of accounting system at unit level and work area, the application of merging activities of Realization of Expenditure budget report in Kementerian Perdagangan RI and also other activities related with accounting working area. Based on the result of this internship program, the conclusion is that during the activities of merging reports on the realization of the Budget Expenditure Kementerian Perdagangan RI, the good internal control system has been implemented according to the applicable rules and theories.