Analisis penerapan sistem pengendalian intern dalam meningkatkan kualitas kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk.
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur pemberian kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk dan apakah prosedur yang telah diterapkan sudah memenuhi pengendalian internal yang memadai. Data penelitian ini diperoleh dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) kantor Cabang Ciledug. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu pemberian gambaran secara rinci mengenai sistem pengendalian internal pada prosedur pemberian kredit sampai dengan pelunasannya dalam meningkatkan kualitas kredit nasabah. Penelitian ini dilakukan dengan kunjungan, wawancara kepada pihak-pihak yang terkait dalam pemberian kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk cabang Ciledug dan dibandingkan dengan teori yang ada, untuk mengetahui pengendalian internal terhadap prosedur pemberian kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Didalam menganalisa pengendalian internal kredit, penulis melihat dari beberapa sudut proses permohononan kredit, analisis kredit, persetujuan dan pencairan kredit sampai dengan proses pelunasannya dimana proses yang dilakukan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk akan dibandingkan dengan pengendalian internal menurut COSO (Committee of Sponsoring Organization) yaitu pengendalian lingkungan, penilaian resiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi serta pengawasan. Dan juga dilakukan pengendalian internal dilihat dari sudut ketentuan perkreditan yang ditentukan oleh Bank Indonesia, apakah telah sesuai dengan yang ditetapkan atau belum. Dilihat dari sudut pandang penilaian di atas PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk telah melakukan pengendalian internal dengan cukup baik.
T he research is purposed to find out how the system and procedures for granting credit in the PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk and whether procedures have been implemented already meet adequate internal controls. The research data was obtained from PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Ciledug Branch Office. This research method using descriptive method that granting an overview in detail about the internal control system in the procedure for granting credit to repayment in improving the quality of customer credit. The research was conducted with visits, interviews the parties involved in the provision of credit in the PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Ciledug Branch Office and compare with existing theory, to determine the internal controls over credit granting procedures at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. In analyzing the internal control of credit, the authors see from several angles, ranging from the loan application process, credit analysis, approval and disbursement of credit to the settlement process where the process is conducted by PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk will be compared with all aspect of internal control by COSO (Committee of Sponsoring Organization), namely the control environment, risk assessment, control activities, information and communication, and monitoring. And also conducted an internal control from the standpoint of credit provisions set by Bank Indonesia, whether it has been in accordance with established or not. Seen from the viewpoint of above assessment of PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk has been done with adequate internal control.