Peranan desain komunikasi visual dalam promosi vending machine Tukar Pintar sebagai media pendistribusian uang rupiah baru di Indonesia
P enulisan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan masyarakat akan uang Rupiah baru, dan belum meratanya pendistribusian uang Rupiah baru di Indonesia. Melalui penulisan karya ilmiah pengantar tugas akhir ini, penulis diharapkan dapat merencanakan dan merancang promosi kampanye sosial dengan nama tukar pintar dalam ruang lingkup desain komunikasi yang meliputi pada kegiatan perancangan desain, pemilihan visual, pemilihan tipografi, pembuat desain dan mengimplementasikan dalam item-item komunikasi yang dipilih. Masalah umum pembuatan penulisan ini mengenai bagaimana peran desain komunikasi visual terhadap promosi kampanye sosial vending machine tukar untuk membatu pendistribusian uang rupiah baru secara merata diseluruh Indonesia. Melalui penulisan ini, pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data yang dibedakan berdasarkan sumbernya yaitu: metode pengumpulan data primer dan metode pengumpulan data sekunder. Metode ini untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan masyarakat tentanguang Rupiah baru, strategi untuk promosi yang tepat. Adapun yang dipaparkan pada penulisan ini untuk menyelesaikan masalah yang ada, yaitu pendistribusian uang Rupiah baru yang belum merata, kebutuhan masyarakat akan uang Rupiah baru namun sulit untuk mendapatkannya. Masyarakat akan mudah mendapatkan uang Rupiah baru dengan adanya kampanye sosial tukar pintar.
T his writing is motivated by the needs of the community will the new Rupiah money, and the unequal distribution of new Rupiah money in Indonesia. Through the writing of scientific papers this final introduction, the authors are expected to plan and design the promotion of social campaigns with the name of smart exchange within the scope of communication design including design activities, visual selection, typography selection, design maker and implement in communication items selected. The general problem of this writing is about how the role of visual communication design to the promotion of social campaign vending machine exchange to petrify the distribution of new rupiah money evenly throughout Indonesia. Through this writing, problem solving is done by using data collection methods that are differentiated based on the source that is: primary data collection method and secondary data collection method. This method is to obtain information about the needs of the community about the new Rupiah, the strategy for the right promotion. As described in this paper to solve existing problems, namely the distribution of new Rupiah money that is not evenly distributed, the community needs new Rupiah money but difficult to get it. People will easily earn new Rupiah money in the presence of social exchange campaign.