Desain interior Hotel Bisnis The Alana di Sentul, Bogor
H otel menjadi pelengkap destinasi wisata di Indonesia yang juga merupakanpusat ekonomi dan bisnis yang sangat menarik minat para pengusaha ataupunpebisnis baik dalam maupun luar negeri untuk melakukan kegiatan aktifitas bisnis.Seperti Hotel bisnis The Alana di Sentul adalah salah satu jenis akomodasi yangmempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasapenginapan, makan dan minum, sarana, termasuk fasilitas MICE (meeting room,incentive, convention, exhibition). The Alana Sentul merupakan hotel bisnis yangmempunyai konsep branding, high class dengan pengunjung tujuan untukberbisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan prosesperancangan melalui tahapan penelitian dari mulai pencarian literature, Analisa danprogramming, sampai dengan keputusan desain dan visualisasi gambar.Dengan Tema “The Calmness of NeoVernakular†yaitu sebuah konsep desaindengan nuansa tradisional dalam desainnya dipadukan dengan suasana yang lebihmodern. Citra ruang yang elegant, calming, welcoming dengan gaya post-modern.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh desain interior terhadapminat pengunjung, Dalam mendesain hotel bisnis the alana sentul, banyak hal yangperlu di perhatikan antara lain : sirkulasi pengguna dan sirkulasi pengunjungtermasuk perilaku pengguna dan melakukan kegiatan bisnis yang akanmempengaruhi kepada dimensi furniture yang digunakan, kemudian penggunaanmaterial, pemilihan warna, dan yang tidak kalah penting pencahayaan dalam hotelsehingga tidak hanya dapat menarik pengunjung, tetapi juga dapat membuatpengunjung merasa nyaman saat berada di dalam hotel tersebut.
H otels are complementary to tourist destinations in Indonesia. They arealso economic and business centers that are very attractive to entrepreneurs orbusiness people at home and abroad to carry out business activities. Like thebusiness hotel, The Alana in Sentul is a type of accommodation using only a part ofor even the entire building to provide lodging, eating and drinking services, andfacilities, including MICE (meeting room, incentive, convention, exhibition)facilities. The Alana Sentul is a business hotel possessing a branding concept, highclass with visitors for business purposes. The research method used is descriptive,and the design process goes through research stages, starting from the literaturesearch, analysis, and programming to design decisions and image visualization.With the theme “The Calmness of NeoVernacular,†a design concept withtraditional nuances in its design is combined with a more modern atmosphere. Thespace image is elegant, calming, and welcoming with a post-modern style. Thestudy aimed to determine the effect of interior design on visitor interest. Manythings need to be considered in designing the Alana Sentul business hotel. They arethe user circulation and the visitor circulation, including user behavior andconducting business activities that will affect the dimensions of the furniture used.Furthermore, the use of materials, color selection, and lighting in the hotel arenecessary to attract and make visitors feel comfortable inside the hotel