Survei kepuasan pasien terhadap manajemen sumber daya manusia dan pelayanan di rumah sakit gigi dan mulut : kajian pada Klinik Akademik Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti
K epuasan pasien merupakan proses pelayanan kesehatan yang dirasakan pasie,n sehingga dapat digunakan untuk menilai keberhasilan pelayanan kesehatan. Faktor manusia memegang peranan dalam pelayanan di rumah sakit, khususnya Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Oleh karena itu perlu pengelolaan manajemen sumber dayamanusia dan pelayanan sehingga tercapai kepuasan pasien. Sehubungan dengan haJ tersebut, ingin diketahui tingkat kepuasan pasien di Klinik Akademik Rumah Sak.it Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti dengan melakukan survei mengenai kepuasan pasien terhadap manajemen sumber daya manusia dan pelayanan kepada I00 orang responden yang datang untuk berobat. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 66,3% pasien menyatakan puas akan pelayanan tenaga medis, petugas pendaftaran. jadwal perawatan, fasilitas dan biaya. Perlu ditingkatkan pelayanan dalam hal waktu, keramahan petugas pendaftaran dan kebersihan.
P atient satisfaction is the process of patiens perception in the health care, which can be used to evaluate the success of health services. The human factor plays an important role in the hospital services, particularly in Dental Hospital. Therefore, the handling of human resources and services's management is necessary for patient satisfaction. Related with that, we want to know the level of patient satisfication in Academic Clinic Dental Hospital, Faculty of Dentistry, University ofTrisakti by conducting a survey of patient satisfaction towards human resources and services management to the I00 respondents who come for dental treatment. The results showed that 66,3% of patients were satisfied with the dental hospital's services, medical staff, personal registration staff, maintenance schedules, facilities and cost. The things that need to be improved is about management time, the friendliness of registration staff and dental hospital cleanliness.