Hubungan kepuasaan pasien rawat inap dengan sikap pelayanan perawat di RSUD Pasaman Barat
H ubungan kepuasan pasien rawat inap dengan sikap pelayanan perawat di RSUD Pasaman Barat. Latar belakang Pplayanan kesehatan dapat dikatakan baik dinilai dari kepuasan pasien. Kepuasan pasien dapat dilihat dari beberapa faktor yaitu, pelayanan dokter, pelayanan UGD, jaminan kesehatan dan salah satuanya sikap pelayanan perawat, sikap pelayanan perawat yang diharapkan seperti, perhatian dalam memberikan pertolongan kepadapasien dengan sabar dan tulus, perawat yang selalu ramah, ceria dan tersenyum pada pasien, terpenting perawat mampu berkomunikasi dengan baik agar tercipta kerjasama yang baik untuk proses pengobatan. Beberapa penelitian menunjukan adanya hubungan kepuasan pasien dengan sikap pelayanan perawat, penelitian yang dilakukan oleh Azizi et.al tentang hubungan antara prilaku caring perawat dankepuasan pasien dengan desain penelitian deskriptif pada 250 pasien yang dipilih secara acak dengan hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan di Kashan University Iran. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan kepuasan pasien dengan sikap pelayanan perawat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik yang mengikut sertakan 112 pasien rawat inap di RSUD Pasaman Barat. Data dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner yang meliputi usia, jenis kelamin, lama rawat, pendidikan, pekerjaan dan sikap pelayanan perawat. Analisis data dengan menggunakan Statistic alpackage for Social Sciences SPSS 20 for windows. Dan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0,05. Hasil analisis uji Chi-Square, menujukan terdapat hubungan antara kepuasan pasien dengan sikap pelayanan perawat dapat nilai p sebesar 0,000. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan pasien rawat inap mempunyai hubungan dengan sikap pelayanan perawat.
R elationship satisfaction of inpatients with attitude of nurse service in RSUD Pasaman Barat. Background Health services can be said to be well assessed from patient satisfaction. Patient satisfaction can be seen from several factors namely, doctor services, ER service, health insurance and one of the nurse service attitude, nurse service attitude that is expected, attention to provide patient assistance with patient and sincere, nurses who are always friendly, cheerful and smiling at patients, most important nurses are able to communicate well in order to create a good cooperation for the treatment process. Several studies have shown a relationship of patient satisfaction with nurse service attitude, research conducted by Azizi et.al about the relationship between caring behavior of nurse and patient's satisfaction with descriptive research design on 250 randomly selected patients with the result of research there is significant relationship in Kashan University Iran . This study aims to determine the relationship of patient satisfaction with the attitude of nursing service. This research method uses analytical descriptive method that includes 112 inpatients in RSUD Pasaman Barat. Data were collected by interview using questionnaires covering age, sex, length of stay, education, occupation and nursing service attitude. Data analysis using Statistic alpackage for Social Sciences SPSS 20 for windows. And the significance level used is 0.05. The result of Chi-Square test analysis shows that there is correlation between patient satisfaction and nurse service attitude can be p value 0.000. The conclusions of this study indicate that the satisfaction of inpatients has a relationship with nurse service attitude.