Penerapan green accounting, corporate social responsibility, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas
T ujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis penerapan green accounting, corporate social responsibility, dan ukuran perusahaan terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020. Green Accounting diproksikan melalui kinerja lingkungan. Profitabilitas diukur dengan Net Profit Margin. Sampel penelitian ini terdiri dari 19 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020. Perusahaan yang termasuk ke dalam sampel penelitian adalah perusahaan yang menjadi peserta PROPER dalam Program Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia dari tahun 2015-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, berupa laporan tahunan, laporan keuangan, dan laporan keberlanjutan perusahaan yang bisa didapatkan di website www.idx.co.id dan website resmi perusahaan manufaktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Sementara itu, Corporate Social Responsibility berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas.
a ccounting, corporate social responsibility, and company size to manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2016-2020. Green Accounting is proxied through environmental performance. Profitability is measured by Net Profit Margin. The sample of this study consisted of 19 manufacturing companies listed on the IDX in 2016-2020. Companies included in the research sample are companies that are PROPER participants in the Ministry of Environment Program of the Republic of Indonesia from 2015-2017. The data used in this study is secondary data, in the form of annual reports, financial reports, and company sustainability reports which can be obtained on the website www.idx.co.id and the official website of manufacturing companies. The results showed that environmental performance had no effect on profitability. Meanwhile, Corporate Social Responsibility has a significant positive effect on profitability, and company size has a significant negative effect on profitability.