Analisis pengaruh penerapan e-faktur terhadap kepatuhan pengusaha kena pajak dalam memenuhi kewajiban pajak pertambahan nilainya
T ujuan utama penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris pengaruh penerapan e-Faktur terhadap Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak dalam memenuhi kewajiban Pajak Pertambahan Nilainya. Penerapan e-Faktur ditinjau berdasarkan Manfaat Kegunaan Sistem, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Pengaruh Sosial, dan Kondisi yang Memfasilitasi.Unit analisis dalam penelitian ini adalah perusahaan di DKI Jakarta yang sudah menerapkan e-Faktur. Subjek penelitian ini adalah tax professional yang bekerja pada perusahaan tersebut dan pernah menggunakan aplikasi e-Faktur. Penarikan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dari 112 jawaban responden. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda.Penelitian ini memhasilkan kesimpulan bahwa Manfaat Kegunaan Sistem dan Kondisi yang Memfasilitasi berpengaruh positif signifikan terhadap Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak. dalam melaksanakan kewajiban PPN-nya. Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh negatif signifikan, sedangkan Pengaruh sosial tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Pajak.
T he main purpose of this research is to acquire the empirical proof of influences of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Social Influences, and Facilitating Conditions towards Taxable Enterprise Compliance in fulfill its Valuable Added Tax obligation.Analysis unit of this research is the firms in DKI Jakarta have implemented e-Faktur, while the subject is tax professional who work at those firms and ever use e-Faktur. Sampling was done by using a purposive sampling method. Data for this research were obtained from 112 respondents. The data analysis technique used in this study is the technique of multiple regression analysis.The results of this research showed that Perceived Usefulness and Facilitating Conditions has positive significant influence to Taxable Enterprise Compliance. Perceived Ease of Use Social has negative significant influence while Social Influences doesn’t has influence to Taxable Enterprise Compliance.